JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Rasakan Manfaatnya, Perusahaan Pembiayaan  FIF dan AMF Kembali Jalin Kerjasama dengan Dirjen Dukcapil

   
Presiden Direktur PT Astra Multi Finance, Ardian Prasetya (kanan) bersama Direktur FIF, Sri Harjati (kiri) bersama Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH (tengah) pada Penandatangan Pertama Perjanjian Kerja Sama Tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan Dan KTP Elektronik. Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dua anak perusahaan PT Astra International Tbk,  PT Federal International Finance (FIF) dan PT Astra Multi Finance (AMF) melakukan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa, (16/7/2019). Bentuk kerja sama meliputi meliputi pemanfaatan akses Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP-El) yang dimanfaatkan untuk menunjang layanan pembiayaan.

PT Federal International Finance (FIF) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor dan PT Astra Multi Finance (AMF)  bergerak di bidang pembiayaan perabot rumah tangga dan elektronik.

Dalam keterangan tertulisnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM Direktur PT FIF, Sutjahja Nugroho mengatakan kerja sama antara FIF dan Dirjen Dukcapil merupakan perpanjangan, dan untuk AMF merupakan kerja sama perdana.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PT FIF, Sutjahja Nugroho. Sedangkan dari Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, diwakili oleh Prof, DR Zudan Arif Fakrulloh, SH.,MH selaku Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri.

FIF Sejak 2017

Kerjasama FIF dan Direktorat Dukcapil telah dimulai sejak 2017. Kemudian diperpanjang pada hari ini (16 Juli 2019). Direktur FIF, Sutjahja Nugroho memberikan apresiasi kepada Tim dari Direktorat Dukcapil yang telah memberikan dukungan nyata melalui penyediaan layanan KTP-El yang memudahkan masyarakat.

Selain itu, Sutjahja juga menuturkan bahwa kerjasama yang terjalin ini akan terus membawa dampak yang positif bagi FIF. Hingga saat ini FIF memiliki 209 cabang di seluruh Indonesia dengan jumlah 4 juta pelanggan aktif dari Sabang sampai Merauke. FIF juga memiliki sekitar 625 jaringan di seluruh Indonesia, baik yang berbentuk kantor cabang maupun Point of Service (POS).

“Jaringan yang dimiliki FIF ini memiliki peran dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dari sisi data kami selalu melakukan sinkronisasi data pelanggan baik melalui sistem maupun aplikasi yang ada. Kerjasama antara FIF dan Direktorat Jenderal Dukcapil dalam hal pembukaan akses kerjasama pemanfaatan dan kependudukan membawa manfaat bagi FIF,”tutur Sutjahja

FIF menggunakan data terkait akses Dukcapil sebesar 350.000 inquiry per bulan dimana data tersebut berguna untuk melakukan validasi data customer, validasi keaslian KTP dan juga meminimalisir KTP palsu. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dan membantu kinerja baik FIF dalam memberikan layanan bagi masyarakat Indonesia.

Kerjasama Baru AMF

Sementara itu PT Astra Multi Finance (AMF) melakukan penandatanganan kerjasama pertama dengan Direktorat Jenderal Dukcapil. Kerjasama ini sama dengan yang dilakukan oleh FIF yaitu pemanfaatan akses Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) yang dimanfaatkan untuk menunjang layanan pembiayaan.

Presiden Direktur PT Astra Multi Finance (AMF), Ardian Prasetya mengatakan bahwa kerjasama dengan Direktorat Jenderal Dukcapil ini merupakan pengalaman pertama bagi AMF, dimana akan berdampak positif dan tetunya sangat membantu dalam meningkatkan kualitas database seperti manfaat yang juga diterima oleh FIF.

“Saat ini AMF memiliki 50 cabang di seluruh Indonesia, semoga melalui kerjasama penandatanganan yang pertama kalinya ini dapat membantu kami dalam memaksimalkan database yang ada, sehingga kami dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” tutur Ardian. Marwantoro S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com