JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Renovasi Hampir Rampung, Stadion Manahan Dilengkapi Ruang Sauna dan Kolam Berendam Berstandar Internasional

Satdion Manahan. Istimewa
   
Proses pengerjaan renovasi Satdion Manahan. Istimewa

SOLO (JOGLOSEMARNEWS.COM )-Proses perbaikan Stadion Manahan Solo sudah mencapai 70 persen pengerjaan. Direncanakan, renovasi stadion terbesar di Jawa Tengah-DIY ini akan rampung pada September-Oktober mendatang.

“Pembangunannya berjalan sesuai rencana. Diperkirakan September atau Oktober selesai. Kalaupun toleransinya sampai Desember. Sehingga setelah itu bisa kita operasionalkan, bisa dipakai,” ungkap Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo kepada Joglosemarnews, Rabu (10/7/2019).

Proyek renovasi Stadion Manahan Solo dilaksanakan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Stadion Manahan Solo direnovasi dengan fasilitas internasional sama dengan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta. Hanya saja, kapasitas penontonnya yang berbeda, di Manahan Solo hanya 20.000 penonton dengan bangku tunggal, sedangkan di GBK mencapai 70.000 penonton.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Surakarta, Joni Hari Sumantri mengatakan, setelah direnovasi nanti maka keberadaan Stadion Manahan Solo akan mirip dengan Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta. “Stadion ini merupakan kembaran lebih kecil dari GBK Jakarta dan semua fasilitas sama dengan standar FIFA. Stadion Manahan sudah mengadopsi sesuai aturan FIFA, dan yang berbeda hanya kapasitas penontonnya saja. Kita lebih sedikit,” ungkap Joni kepada wartawan.

Baca Juga :  Dari Jakarta Langsung Temua Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Gibran Mengaku Hanya Silaturahmi Saja

Joni menambahkan, pembangunan Stadion Mahanan Solo menggunakan anggaran APBN melalui Kementerian PUPR senilai Rp 317 miliar. Sedangkan Pemkot Surakarta hanya menerima barang saja, karena semua yang melaksanakan kementerian PUPR.

“Saat ini sudah 70 persen pengerjaannya. Lapangan (rumput), tempat duduk, dan ruangan-ruangan sudah selesai. Pengerjaan yang membutuhkan waktu agak panjang adalah rangkaian atap stadion. Pekerjaan ini, harus spesifik dan rangkaiannya butuh ketelitian, harus cermat agar pas, ini yang butuh waktu agak lama,” katanya.

Di antara fasilitas stadion yang memiliki kesamaan dengan GBK adalah tempat main waktu istirahat pemain, ruang sauna, kolam untuk berendam dengan baik air dingin maupun hangat yang sebelumnya tidak ada di Stadion Manahan yang lama. Kemudian fasilitas standar yang ditetapkan oleh FIFA juga telah dipenuhi.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

“Ruang untuk konferensi pers yang baru juga terasa lebih nyaman atau tidak seperti sebelumnya yang sering terganggu suara penonton yang sedang keluar stadion. Lampu penerangan stadion juga lebih besar kemampuannya minimal kekuatannya mencapai sekitar 1.500 watt hingga 2.000 watt,” katanya.

Selain itu, Pemkot Surakarta juga sedang membangun GOR indoor yang juga berstandar internasional tipe B di kawasan Manahan. Pembangunan ini menggunakan dana APBD. GOR Manahan tipe B ini, hanya boleh digunakan enam cabang olahraga, yakni tenis, Futsal, bola Voli, badminton, basket, dan pencak silat. Pembanguan GOR Manahan indoor ini diperkirakan bakal selesai pada 2020. (Syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com