JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rizieq Pulang Jadi Syarat Rekonsiliasi, Moeldoko: Pergi Sendiri Pulang Sendiri

tribunnews
   

JAKARTA – Rekonsiliasi antara Prabowo dan Joko Widodo (Jokowi) masih terganjal syarat yang diajukan oleh pihak prabowo, yakni pemulangan pimpinan FPI, habib Rizieq Shihab ke tanah air.

Terkait syarat rekonsiliasi yang diajukan oleh pihak Prabowo tersebut, Kepala Staf Kepresiden, Moeldoko juga juga angkat bicara.

“Ya siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi-pergi sendiri, kok dipulangin, gimana sih? Emangnya kita yang ngusir, kan enggak,” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (9/7/2019).

Seperti diketahui, pada bulan April 2017 Rizieq Shihab bertolak ke Mekkah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah dan hingga kini tak kunjung pulang ke Tanah Air.

“Pergi-pergi sendiri kok, kita ribut mau mulangin, kan gitu,” ujar Moeldoko.

Baca Juga :  Peluang Pertemuan Prabowo-Mega Lebih Besar Ketimbang Jokowi-Mega

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf pada pilpres 2019 lalu itu pun menyarankan Rizieq Shihab pulang saja ke Tanah Air jika memang ingin pulang.

“Ya pulang sendiri saja, enggak bisa beli tiket, baru gua beliin,” lanjutnya.

Namun, saat ditanya apakah ada jaminan dari pemerintah bahwa Rizieq Shihab tak akan diproses hukum jika kembali ke Indonesia, Moeldoko enggan memberi jaminan.

“Ya saya tidak tepat bicara itu ya, mungkin Kapolri,” ujarnya.

Mantan Panglima TNI itu justru mempertanyakan apakah rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo masih penting. Pasalnya, Ia melihat saat ini sudah tak ada lagi perpecahan di masyarakat.

“Kan sudah saya katakan kemarin, penting gak sih rekonsiliasi? Ada persoalan bangsa yang lebih besar. Nanti kita tata lagi, masyarakat yang di bawah kan sudah tenang tenang saja, elitnya saja yang ribut sendiri,” ujar Moeldoko.

Baca Juga :  Dituduh Catut Nama Dosen Malaysia, Ini Bantahan Dekan UNAS

Sebelumnya, bukan hanya pemulangan Rizieq Shihab saja yang diajukan oleh pihak Prabowo untuk syarat rekonsiliasi. Namun termasuk sejumlah tokoh pendukung yang ditangkap karena terjerat kasus hukum.

“Ya keseluruhan (pemulangan Rizieq Shihab), bukan hanya itu. Tapi keseluruhan bukan hanya itu. Kemarin kan banyak ditahan ratusan orang. Lagi diproses-proses. Ya segala macamlah ya,” ujar politisi Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Menurut Ahmad Muzani, pertemuan antara Prabowo dan Jokowi sebagai langkah awal rekonsiliasi juga harus dilihat sebagai proses islah atau perdamaian.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com