JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Stroke Penyebab Kematian Utama, Begini Cara Mendeteksi Tanda-tandanya

Ilustrasi serangan jantung. pexels.com
   
Ilustrasi serangan jantung. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyebab kematian utama di Indonesia adalah penyakit stroke. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan dokter Bambang Wibowo Sp.OG (K) menyebut berdasarkan data Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014 menunjukkan stroke merupakan penyebab kematian utama, yaitu sebesar 21,1 persen dari seluruh penyebab kematian untuk semua umur.

Setelah Stroke disusul penyakit Kardiovaskuler, dan Diabetes Mellitus dan komplikasinya. Bambang menyampaikan hal itu dalam Seminar “Peduli Stroke, Because I Care” di kampus London School of Public Relations, Jakarta, Selasa, (2/2/2019).

Di tempat yang sama, Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional , dokter Mursyid Bustami,Sp.S,KIC menekankan stroke awareness yaitu FAST yang merupakan F (Face) – A (Arm)- S (Speech ) – T (Time). FAST merupakan cara untuk mendeteksi tanda dan gejala awal stroke.

“Seperti perlu dicermati apakah ada perubahan pada wajah? Apakah ada gejala kebas/ mati rasa pada tangan? Apakah cara bicara berubah cadel atau pelo. “Dan yang terakhir waktu sangatlah berharga dalam penanganan stroke, jadi segera membawa pasien ke UGD terdekat,” kata Mursyid dalam siaran pers yang diterima Tempo.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Data dari Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan atau BPJS tahun 2016, menyatakan bahwa penyakit stroke merupakan penyakit ke empat yang menghabiskan biaya kesehatan terbesar setelah penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker yaitu sebesar 1,3 Triliun.

Oleh karena itu, diperlukan upaya strategis dalam pencegahan dan pengendalian stroke yaitu melalui perubahan perilaku masyarakat melalui penguatan upaya promotif preventif. Hal ini dapat dilakukan dengan penerapan GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Menanggapi hal tersebut, LSPR bekerja sama dengan RS Pusat Otak Nasional bekerja sama untuk sosialisasi, penelitian, pengabdian masyarakat serta membantu kampanye CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres). Penandatanganan dilakukan oleh Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR – Founder & Director LSPR Jakarta dan Dr. Mursyid Bustami Sp.S (K) KIC, MARS – Direktur Utama RS PON. Rencananya kerja sama ini akan dilakukan selama dua tahun.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

“Salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah stroke, oleh karena itu LSPR ingin membantu mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pencegahan stroke sehingga ke depannya akan mampu mengendalikan bahkan menurunkan angka penderita stroke,” kata Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR – Founder & Director LSPR.

Ia juga berharap dengan partisipasi LSPR dalam program tersebut maka lebih banyak lagi masyarakat yang peduli untuk hidup sehat,” ujar Dimulainya kemitraan ini ditandai dengan seminar “Peduli Stroke, Because I Care.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com