JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

1.000an Siswa se-Kecamatan Gondang Meriahkan Kemah HUT Pramuka di Buper Samdonorejo Tegalrejo. Danramil Pesan Generasi Muda Harus Cerdas dan Berkepribadian! 

Danramil Gondang, Kapten Inf Warisman saat menjadi Irup dalam upacara pembukaan Kemah HUT Pramuka ke-58 se-Kecamatan Gondang di Bumi Perkemahan Samdonorejo, Desa Tegalrejo, Gondang, Senin (12/8/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Danramil Gondang, Kapten Inf Warisman saat menjadi Irup dalam upacara pembukaan Kemah HUT Pramuka ke-58 se-Kecamatan Gondang di Bumi Perkemahan Samdonorejo, Desa Tegalrejo, Gondang, Senin (12/8/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sedikitnya 1.000 siswa dari berbagai jenjang sekolah di Kecamatan Gondang, tumpah ruah memadati Bumi Perkemahan Samdonorejo, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Senin (12/8/2019). Mereka mengikuti upacara pembukaan kemah dalam rangka HUT Pramuka ke-58 yang digelar tingkat Kecamatan Gondang.

Upacara dipimpin Danramil Gondang, Kapten Inf Warisman sebagai Inspektur Upacara. Selain siswa dan jajaran Muspika, upacara juga dihadiri Kades se-Kecamatan Gondang serta para tokoh masyarakat setempat.

Dalam amanatnya, Kapten Warisman mengapresiasi terselenggaranya kemah HUT Pramuka yang melibatkan semua siswa berbagai jenjang di Kecamatan Gondang itu. Ia juga berpesan agar generasi muda bisa menekuni dan lebih giat dalam melaksanakan kegiatan Pramuka lantaran dinilai mampu mendidik karakter generasi muda yang cerdas dan berkepribadian.

Baca Juga :  Ratusan Pengurus dan Warga PSHT Ranting Sukodono Sragen Juga Turun ke Jalan Tolak Perobohan dan Pembongkaran Tugu. Ketua Ranting Sebut Perobohan Tugu Justru Bisa Jadi Bumerang!

“Karena Pramuka itu mendidik kita harus bersikap jujur dan berjiwa patriot. Pesan kami, jauhi segala bentuk perilaku yang dapat merugikan diri sendiri juga orang lain,” paparnya.

Sementara, sejumlah tokoh mengapresiasi kegiatan di Buper Samdonorejo, Tegalrejo tersebut. Bumi Perkemahan Samdonorejo sendiri selama ini dipilih sebagai lokasi perkemahan sekaligus menjadi kawah candra dimukanya adik-adik Pramuka dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, SMK dan yang sederajat se- kecamatan Gondang.

Sedikit mengenal “Buper Samdonorejo” sendiri berdiri di atas tanah kas desa yang kurang produktif. Berupa bukit dan tegalan dekat kuburan desa. Lalu pada tahun 2017 mulailah dirintis pembangunan Buper Samdonorejo oleh Pemdes Tegalrejo dibawah kepemimpinan Kades Heru Setyawan kala itu.

Baca Juga :  Update Corona Sragen 2 Juli, Kurva Melandai Tapi 43 Warga Masuk Daftar OTG. Total Positif Masih 50 Kasus, 39 Sembuh dan 23 Warga Meninggal Dunia

Bersama pengurus kwaran kecamatan Gondang pembangunan mulai dicanangkan. Launching Buper Samdonorejo pertama pada tahun 2018 sebagai tempat Jambore Ranting Pramuka kecamatan Gondang dan tahun ini di 2019 juga sebagai lokasi Jambore Ranting se-kecamatan Gondang.

Kapten Inf Warisman. Foto/Wardoyo

Nama “Samdonorejo” sendiri di ambil dari tokoh kepala desa pertama kali  untuk Lurah Tegalrejo yakni Eyang Samdonorejo. Menurut Pemdes, nama itu juga sebagai bentuk penghargaan kepada leluhur yang pertama kali sebagai pemimpin dan pengayom warga Tegalrejo.

Dan Buper Samdonorejo kini menjadi kebanggaan warga sekaligus menjadi salah saksi kehebatan dan kemajuan Desa Tegalrejo dalam memaksimalkan potensi yang ada. Wardoyo