JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Expo KKN Unisri Fokus Berdayakan Olahan Singkong dan Jahe

Dok Humas Unisri
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – KKN Unisri fokus memberdayakan potensi lokal menjadi produk yang bisa bernilai ekonomis dan mengangkat potensi sosial ekonomi desa.

Demikian pernyataan Ketua KKN Unisri, Kharis Triyono saat meninjau pelaksanaan Expo KKN Jatipuro, Sabtu (24/8/2019).

Koordinator KKN Kecamatan Jatipuro, Jatmiko Adi Prabowo menambahkan, dalam rangka memeriahkan karnaval dan pawai pembangunan HUT RI ke-74, mahasiswa KKN Unisri  bekerja sama dengan tokoh pemuda dan masyarakat menggelar acara expo.

“Berbagai kegiatan kita selenggarakan bersama panitia Festival Kemruyuk Sangen (FKS). Pagelaran band dan akustik, game dan bazar makanan dan minuman berbahan baku singkong dan jahe,” paparnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Lebih lanjut, Jatmiko Adi Prabowo menjelaskan, semua peserta KKN Unisri yang ditempatkan di Jatipuro, menampilkan produk makanan dan minuman berbahan baku singkong dan jahe yang telah dilatihkan di masyarakat desa setempat.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Sebagaimamana diketahui, Desa Jatisobo membuat rengginang singkong, jamu bubuk bermacam varian dan sabun cair kelor.

Sementara itu, Desa Jatimulyo membuat Tiposang dan es Bar-Bar dan Desa Ngepungsari memproduksi pisang nugget dan ceriping cantik.

Bagaimana dengan Desa Jatipuro? Desa ini  membuat Cekpur (ceker jatipuro), Kalas (kripik talas) aneka rasa dan Telaku (tela keju).

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Masih ada lagi, produk inovatif lainnya berupa Sijaja (sirup jahe)  dan Pujaja (puding jahe Jatipurwo). Masih ada lagi Jahedi (Jahe Instan seduh jadi), Kuuchanghe (Kue kacang jahe) serta Qtha (Qripik talas).

“Sengaja semua produk berbahan baku singkong dan jahe, karena bahan baku tersedia dan berlimpah. Kita ingin menambah nilai ekonomis dan nilai jual agar bisa meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat,” ujarnya.

Acara expo tersebut dibuka oleh Kadus Sangen,  Sugiarto,  dan mendapat sambutan hangat dan meriah dari masyarakat. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com