JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gandeng Amerika, PDAM Sragen Bakal Dibantu Sanitasi dan Penanganan Sambungan Rumah 

Supardi. Foto/Wardoyo
   
Supardi. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM PDAM Tirto Negoro Sragen kembali melebarkan sayap kerjasama. Setelah menggandeng OASEN Belanda, kini PDAM kembali menggandeng kerjasama dengan water.org asal Amerika.

Direktur Utama PDAM Sragen, Supardi mengatakan kerjasama itu tertuang dalam sebuah pertemuan dengan pihak water.org dengan beberapa dinas Pemkab Sragen di bawah koordinasi Bappeda.

“Ada PU, DLH, Dinkes, termasuk juga PDAM di dalamnya. Kemarin barusaja memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan program,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (16/8/2019).

Supardi menguraikan kerjasama dengan PDAM, nantinya akan difokuskan untuk beberapa program. Selain penyusunan business plan (rencana bisnis) lima tahun ke depan 2020-2024, kerjasama juga akan diwujudkan dalam bidang sanitasi dan sambungan rumah atau pelayanan pelanggan.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Nanti akan membantu macam-macam. Termasuk membantu penyuluhan dan pemahaman masyarakat tentang air minum,” terangnya.

Lebih lanjut, Supardi menambahkan pihak water.org juga akan memberikan solusi tentang pembiayaan sambungan masyarakat atau sambungan rumah.

Yakni dengan disinergikan dengan lembaga perbankan. Hal ini sudah dilakukan PDAM Sragen dengan menggandeng BKK Karangmalang.

“Kalau masalah pembiayaan itu, kita sebenarnya sudah lama melakukan. Tapi nanti akan dikembangkan. Sambungan pelanggan itu dibayar lunas dulu oleh BKK, nah pelanggan nanti tinggal ngangsur ke BKK,” terangnya.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Ia menyebut kerjasama dengan water.og selama ini sudah berjalan di beberapa PDAM. Di antaranya PDAM Kabupaten Jepara, Boyolali, Batang dan satu daerah lagi.

Jumlah total pelanggan PDAM Sragen saat ini mencapai 65.254 pelanggan per Juli 2019.

Sekadar tahu, Water.org adalah sebuah organisasi bantuan pembangunan nirlaba Amerika Serikat yag merupakan hasil merger antara H2O Africa Foundation, yang didirikan oleh Matt Damon, dan WaterPartners, yang didirikan oleh Gary White. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com