JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hasil Akhir Pleno Penetapan KPU Sragen, PDIP Resmi Jadi Partai Penguasa di Sragen Dengan 13 Kursi

Daftar Caleg terpilih Dapil VI Sragen. Dari atas kiri ke kanan. Sugiyarto, Wulan Purnama, Hagung Susilo, Bahrul Mustawa, Tono, Anggoro Sutrisno, Asita, Thohar Ahmadi. Foto kolase/Wardoyo
   
Daftar Caleg terpilih Dapil VI Sragen. Dari atas kiri ke kanan. Sugiyarto, Wulan Purnama, Hagung Susilo, Bahrul Mustawa, Tono, Anggoro Sutrisno, Asita, Thohar Ahmadi. Foto kolase/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen akhirnya menyelesaikan Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sragen setelah sempat tertunda. Hasil pleno pun tak banyak bergeser dari yang sudah banyak beredar di media dan kalangan parpol selama ini.

PDIP menahbiskan diri menjadi partai penguasa di Sragen dengan perolehan 13 kursi di periode 2019-2024. Hal itu disampaikan Ketua KPU Sragen, Minarso.

Ia mengatakan pleno digelar Jumat (9/8/2019). Pleno ini sebagai kelanjutan setelah pleno yang dijadwalkan 3 Juli 2019 lalu, gagal digelar karena aturan dan mekanisme di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pleno digelar Jumat (9/8/2019) sore ini di aula KPU Sragen dengan dihadiri sejumlah anggota atau perwakilan partai politik (Parpol).

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Pleno terbuka akan dibacakan perolehan angka per partai. Kemudian disampaikan perolehan suara parpol di masing-masing dapil yang mendapat jumlah kursi. Lantas dilanjutkan dengan perangkingan sekaligus menetapkan siapa caleg partai yang mendapat kursi.

”Hasil kerja jajaran KPU Sragen di tingkat MK  tidak ada kendala. Hasilnya sesuai dengan Pleno kita,” paparnya Jumat (9/8/2019).

Minarso menyampaikan di Sragen PDIP mendapat 13 Kursi. Dengan demikian PDIP menjadi partai pemenang pada pemilu 2019 ini. Perolehan kursi PDIP menjadi yang terbanyak untuk periode DPRD 2019-2024.

Setelah ini, hasil pleno segera disampaikan ke Gubernur melalui bupati. Hasil Rapat Pleno kemudian segera diteruskan untuk digelar pelantikan anggota DPRD yang baru.

Baca Juga :  Geger Warga Sragen Beli Mobil Baru Isi Bahan Bakar Dexlite di SPBU Jetak Sidoharjo Sragen Mesin Langsung Rusak, Komsumen Curigai Jual Dexlite Tidak Asli

Sementara Sekretaris DPRD Joko Saryono, pelantikan anggota DPRD Sragen terpilih, akan digelar pada 12 Agustus nanti. Pihaknya sudah membentuk panitia dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

”Panitia sudah kami bentuk dan persyaratan administrasi telah kami siapkan, termasuk berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelas Joko.

Setelah MK membacakan putusan hasil gugatan pada 9 Agustus, memang disusul pleno dari KPU Sragen tentang anggota DPRD terpilih. Hasil pleno KPU itu, nama-nama yang ditetapkan diusulkan Bupati Sragen kepada Gubernur Jawa Tengah untuk dibuat surat keputusan dan pelantikan.  Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com