JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

HUT RI, Lembaga Dewan Adat Lakukan Pengecatan Tembok Keraton

Joglosemarnews/A Setiawan
   
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyambut hari jadi Republik Indonesia yang ke – 74, Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta melakukan aksi pengecetan di sepanjang Kori Sapitoerang dan Kori Patjikerran tembok keraton.

Puluhan abdi dalem dikerahkan dalam kegiatan tersebut. Aksi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua LDA Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau yang sering di sapa Gusti Moeng.

Baca Juga :  Pernyataan Gibran Usai Dinyatakan Menang Pilpres oleh KPU

Humas LDA, KRT Sulistyo Wartonagoro menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, LDA urunan untuk merawat dan melestarikan benda cagar budaya yang berada di wilayah Keraton Surakarta.

“Acara ini sifatnya tahunan, dan biasanya swadaya dari para Sentono dalem dan orang yang peduli terhadap Keraton Surakarta Hadiningrat. LDA tidak mendapatkan anggaran dari pemerintah, maka kami merasa bertanggung jawab untuk melestarikan bangunan cagar budaya ini dengan cara urunan.

Baca Juga :  Event Solo Great Sale Akan Kembali Digelar, Catat Pelaksanaanya

“Kraton ini kan kawasan cagar budaya, jadi harus benar-benar dijaga dan dirawat kelestariannya,” papar putri Raja Pakubuwono XII yang akrab di sapa Gusti Moeng itu.

Gusti Moeng menambahkan, keraton merupakan warisan budaya bersifat kebendaan, yang sudah berstatus sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) sesuai dengan UU No . 11 Tahun 2010.

“Jadi kita wajib menjaga dan melestarikannya,” ujarnya. A. Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com