JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Ini Tanda-tanda Ban Mobil Harus Segera Spooring dan Balancing

Ilustrasi ban. pexels.com
   
Ilustrasi ban. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Ban mobil merupakan salah satu komponen pokok penggerak. Ban mobil berfungsi sebagai penumpu seluruh beban dan kerja mobil sepanjang perjalanan. Untuk bekerja maksimal ban dibantu dengan sistem kemudi yang mengatur pergerakan ban di jalan dan sistem suspensi yang bertugas meredam guncangan. Ban atau roda butuh perawatan berkala dengan spooring maupun balancing agar tetap bekerja dengan baik.

Kapan perawatan spooring dilakukan? Seperti dikutip dari laman Auto2000.co.id, ada sejumlah tanda-tanda ban harus dibawa ke bengkel. Diantaranya, ban terasa sulit saat dikendalikan dan hampa saat manuver. Gerakan setir seperti tidak terkoneksi dengan ban depan dan ban cukup liar saat melewati lubang.

Hanya saja, sebelum melakukan spooring ada baikya melakukan pengecekan suspensi mobil karena bisa jadi shock absorber bermasalah sehingga tidak mampu bekerja dengan baik. Termasuk pula komponen setir yang pegang peran mengendalikan laju mobil.

Sementara balancing dibutuhkan agar ban tetap dapat berputar sempurna tanpa vibrasi karena vibrasi akibat ban tidak balans bisa mengurangi kenyamanan dan kestabilan ban. Tanda paling mudah ketika ban butuh balancing adalah getaran ban di kecepatan tertentu yang hilang saat kecepatan ditambah atau dikurangi. Tapi untuk amannya, lakukan balancing ketika Anda melakukan spooring.

Selain membuat mobil terasa stabil dan nyaman, kedua proses di atas juga bisa menjaga usia ban dan komponen kaki-kaki. Keausan telapak ban juga dapat terdistribusi rata. Roda yang baik sudut keselarasannya membuat ban lebih mudah saat menggelinding dan secara tidak langsung bakal menghemat konsumsi bensin.

Yang tidak kalah penting, ketika proses spooring dan balancing, pemilik mobil juga bisa sekaligus melakukan pengecekan dan perawatan komponen setir dan suspensi karena semuanya merupakan satu paket komponen serta kinerjanya saling mempengaruhi.

Pemilik mobil bisa melakukan kedua proses di atas minimal 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, mengikuti jadwal servis berkala yang ditetapkan oleh Auto2000.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com