JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bali Kembali Diguncang Gempa. Berkekuatan 4,6 Skala Richter

Tempo.co
   
Tempo.co

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kabupaten Jembrana, Bali diguncang gempa tektonik berkekuatan 4,6 pada Selasa (13/8/2019) sekitar pukul 17.21 WIB atau 18.21 WITA.

Namun demikian, menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak sampai menimbulkan potensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono lewat keterangan tertulis menyatakan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,0.

“Hasil pemutakhiran datanya menjadi magnitude 4,6,” katanya, Selasa (13/8/2019).

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,83 LS dan 114 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 176 kilometer arah barat daya Kota Negara, Kabupaten Jembrana, pada kedalaman 39 kilometer.

Baca Juga :  Pengamat: Manuver NasDem Fokus untuk Selamatkan Partai, PKB tinggal Tunggu Waktu

Gempa ini tergolong berkedalaman dangkal.

“Diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” kata Rahmat.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar mendatar naik (Oblique Thrust Fault).

Dampak gempa ini berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang terasa di wilayah Denpasar, Nusa Dua, Jembrana, Badung dan Banyuwangi dengan skala II MMI.

Skala itu artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan lindu ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Sebelumnya pada Senin, 12 Agustus 2018, gempa bermagnitudo 4,9 berpusat dengan jarak 59 kilometer barat daya Jembrana. Guncangan pada pukul 05.08 WIB (06.08 WITA) itu berintensitas III di Kuta, Bali, kemudian II-III MMI di wilayah Banyuwangi dan Jembrana, dan skala II MMI di wilayah Jimbaran, Nusa Dua, dan Denpasar.

Sore harinya muncul lagi gempa berkekuatan sama 4,9 dari kedalaman 10 kilometer yang berjarak 161 kilometer barat daya Jembrana.

Lindu pada pukul 15.31 WIB (16.31 WITA) itu terasa kuat di Jember, Jawa Timur dengan skala intensitas gempa III MMI.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com