JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Pastikan 2023 Ibukota Pindah, Atau Maksimal 2024

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Pemindahan ibukota RI dari Jakarta ke Kalimantan, dipastikan dapat terealisasi pada tahun 2023 mendatang. Optimisme itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Semua kementerian ada, 2023 pindah. Istana sudah siap, 2023 pindah. Atau, maksimal 2024 pindah,” kata Jokowi dalam wawancara dengan Tempo, Senin (20/8/2019).

“Saya belajar dari Putrajaya, tiga tahun bisa pindah,” ujarnya.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Putrajaya adalah pusat pemerintahan Malaysia saat ini, menggantikan Kuala Lumpur. Malaysia memindahkan Kuala Lumpur ke Putrajaya pada 1997 di bawah Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan ada dua provinsi yang menjadi kandidat pusat pemerintahan. Yaitu, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan ada sejumlah tahapan sebelum memindahkan pusat administrasi. Selain kajian untuk memastikan di mana akan dipindah, ia juga butuh dukungan DPR untuk mengubah beberapa aturan.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

“Makanya kemarin saya meminta izin ke DPR untuk pindah,” kata mantan Wali Kota Solo ini.

Dalam pidato kenegaraan di DPR pada Jumat (16/8/2019), Presiden memang meminta izin untuk memindahkan pusat pemerintahan.

“Dalam kesempatan ini, saya juga meminta izin kepada dewan untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan,” kata Jokowi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com