JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jual Beli Data NIK dan KK, Begini Penjelasan Polisi Tentang Cara Pelaku Dapatkan Data

Ilustrasi e KTP. Dok
   
Ilustrasi e KTP. Dok

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polisi menyebut pelaku jual beli data pribadi berupa Nomor Induk Kepedudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) di media sosial mendapat data-data itu dari tempat umum.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan data yang diperjual-belikan didapat pelaku dari sumber publik, misalnya ketika seseorang akan registrasi masuk ke hotel atau reservasi.

“Maka itu dia sebagai pemulung identitas,” katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari ini, Jumat, (2/8/2019).

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Dedi mengklaim penyidik sudah mengidentifikasi pemilik akun pelaku jual beli data pribadi. Namun, dia memastikan pemilik akun Twitter @hendralm bukan orang yang dicari polisi alias bukan pelaku.

Isu jual beli data pribadi di NIK dan KK pertama kali ramai setelah dibicarakan oleh @hendralm di Twitter. Unggahan pemilik akun dengan nama asli Samuel Christian tersebut ramai dibicarakan dan di-retweet hingga puluhan ribu kali.

“Ternyata ada ya yang memperjual belikan data NIK + KK. Dan parahnya lagi ada yang punya sampe jutaan data. Gila gila gila,” tulis Samuel di Twitter.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Samuel juga memperlihatkan tangkapan layar yang menunjukkan percakapan tanya-jawab di media sosial Facebook tentang tawar-menawar koleksi data pribadi sesuai NIK KTP dan KK sekecamatan. Bahkan, data itu digunakan untuk daftar layanan Pay Later.

Menurut Dedi, berdasarkan penelusuran Tim Siber Polri Samuel bukan orang pertama yang menyebarkan informasi dan membuat konten semacam itu. “Nanti kami ekspos. Sudah berhasil diidentifikasi. Kalau sudah, nanti kami ekspos,” ucap Dedi tentang pengusutan jual beli data pribadi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com