JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Keren, 10 PKM UNS Lolos Maju ke Pimnas 2019 di di Universitas Udayana Bali

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Sebanyak 10 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta lolos untuk maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 2019 yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana Bali pada 27-30 Agustus nanti.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Kuncoro Diharjo mengatakan, jumlah PKM dari UNS yang lolos Pimnas ini mengalami peningkatan dibanding tahun kemarin. Di tahun 2019 ini, PKM yang lolos didanai Kemenristekdikti terdapat 41 proposal dan dinyatakan lolos untuk mengikuti Pimnas sebanyak 10 PKM. “Tahun 2018 kemarin yang lolos didanai Kemenristekdikti ada 99 PKM, namun yang lolos Pimnas hanya 4 PKM,” terang Prof Kuncoro.

Dari 10 PKM yang berhasil lolos mengikuti Pimnas ke-32 di Bali, terdiri dari 3 Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM – KC), 5 PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), 1 PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dan 1 PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

“Target kami bisa pulang membawa medali emas serta dapat mengharumkan nama UNS diajang Pimnas ke-32 ini,” imbuhnya.

Untuk itu, persiapan terus dilakukan oleh bagian kemahasiswaan UNS supaya tim PKM yang lolos Pimnas ini bisa tampil optimal dihadapan dewan juri. “Untuk persiapannya yaitu mulai dari persiapan poster kemudian juga presentasi. Untuk presentasi ini, kami juga menerjunkan dosen yang ahli di bidangnya untuk memberikan masukan. Kemudian kami hadirkan pula reviewer tingkat nasional untuk mengevaluasi tim sebelum tampil di Pimnas,” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Fakultas Pertanian (FP) UNS yang juga sebagai pembimbing PKM-M dengan judul “Kampung Sampah Program Komersialisasi Sampah Masyarakat di Kampung Sawah Karang, Jebres”, Eksa Rusdiyana, S.P, M.Sc berharap tim yang dibimbingnya bisa mengharumkan nama UNS di Pimnas ini. “Semoga 10 Tim PKM yang lolos Pimnas bisa mempersembahkan medali untuk UNS,” ujar Eksa. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com