JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ketua Panitia Pilkades Patihan Sidoharjo Digerebek Warga, Wabup Sragen Berharap Jadi Peringatan Panitia Lainnya! 

Penampakan Ketua Panitia Pilkades Patihan, Jumadi, saat diamankan warga Kamis (29/8/2019) tengah malam tadi. Foto/Wardoyo
   
Penampakan Ketua Panitia Pilkades Patihan, Jumadi, saat diamankan warga Kamis (29/8/2019) tengah malam tadi. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus ketidaknetralan Ketua Panitia Pilkades Patihan, Kecamatan Sidoharjo yang tertangkap basah ikut rapat bersama tim sukses salah satu Cakades, memantik reaksi dari Pemkab.

Wabup Sragen, Dedy Endriyatno mengatakan kasus itu diharapkan menjadi peringatan bagi semua pihak yang berkepentingan di Pilkades untuk menjaga netralitas demi kondusivitas Pilkades.

Hal itu disampaikan Wabup saat dimintai tanggapan perihal penggerebekan Ketua Pilkades Patihan, Jumadi oleh warga karena ikut rapat tim sukses Cakades, dua malam lalu. Ia mengatakan secara detail memang belum mengetahui kasus di Patihan.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Akan tetapi menurutnya, panitia, pejabat pemerintah dalam hal ini siapa pun yang berkepentingan terhadap Pilkades, sudah seharusnya netral dan tidak boleh melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Kalau terbukti tidak netral, ya prosedur yang disarankan mekanisme seperti apa harus dijalankan. Kalau memang terbukti bersalah dan mempengaruhi, harus dilakukan tindakan untuk mengganti dan lain sebagainya. Lkukan seperti aturannya,” paparnya.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Wabup menguraikan ibarat sebuah pertandingan, ketika wasitnya tidak netral maka permainan itu tak akan enak ditonton.

Maka dari itu, ia menilai kasus di Patihan itu memberi keuntungan karena akan menjadi pelajaran bagi panitia-panitia yang lainnya untuk tak mencoba-coba melanggar aturan.

Saat ditanya apakah ada laporan soal kasus serupa dari desa lain, Wabup mengaku belum ada. Ia mengatakan baru mendapat satu laporan masuk yaitu dari Patihan saja. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com