JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Khotbah di Hadapan Ribuan Jemaah, Kapolda Jateng Sebut Semangat Kurban Identik Dengan Falsafah Pancasila 

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, mengajak masyarakat menjaga Pancasila dan mengamalkannya. Hal itu disampaikan Kapolda saat mengikuti sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Minggu (11/8/2019) pagi.

Dalam kesempatan ini, KH Zaenuri Ahmad Al Hafidz bertindak sebagai imam. Sedangkan sebagai Khotib, yakni Kapolda Jateng dengan membawakan tema “Hikmah Ibadah Qurban dan Dinamika Sosial di Bumi Pancasila”.

Dalam khotbahnya, Kapolda Jateng mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk mengambil hikmah Idul Qurban ini diterapkan di bumi Pancasila.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

“Hari ini kita mengambil hikmah Idul Qurban yang bisa diterapkan di bumi pancasila hikmahnya itu adalah keteladanan dari Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan ibunda Siti Hadjar berupa kepatuhan tanpa batas kepada Allah SWT, kedisiplinan kerelaan dan juga keberanian termasuk berbagi pemerataan dan juga musyawarah,” jelasnya saat ditemui media.

“Itu yang bisa kita ambil dari hikmah Idul Qurban dimana hikmah-hikmah itu semua sangat berkaitan erat dengan Pancasila kita,” tambahnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Foto/Humas Polda

Sehingga masyarakat harus selalu berpedoman pada Pancasila dan menjaga kesatuan NKRI.

“Marilah kita mengambil hikmah dari Idul Qurban ini yang selaras dengan Pancasila untuk tetap mencintai Negara Republik Indonesia, menjaga keutuhan NKRI, jaga Pancasilanya, jaga Bhineka Tunggal Ikanya,” pesan Kapolda Jateng.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Usai Sholat dan Khotbah, Kapolda Jateng menyerahkan seekor sapi kepada panitia kurban MAJT untuk disembelih. Sapi tersebut berjenis limosin berwarna coklat seberat 1 ton diterima langsung oleh Ketua Dewan Pelaksana Pengelola MAJT, Noor Ahmad.

Ada 12 kambing dan 2 sapi yang dikurbankan di MAJT. Selain Kapolda Jateng, hadir juga Sekda Jateng Sri Puryono yang juga ikut menyumbangkan sapi kurban di Masjid Agung Jawa Tengah. JSnews

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com