JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kongres V PDIP Dinilai Tak Bakal Menarik, Ini Sebabnya

Megawati Soekarno Putri. Foto/Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kongres V PDIP yang akan digelar 8-10 Agustus 2019 dinilai tidak menarik. Penilaian itu disampaikan oleh sejumlah pimpinan media massa.

Pasalnya, Megawati Soekarnoputri hampir dipastikan akan terpilih kembali menjadi ketua umum untuk periode kelima pada kongres tahun ini. Dengan kata lain, tidak ada pergantian kepemimpinan kursi Ketua Umum PDIP dalam 20 tahun belakangan.

“Jadi tidak menarik. Sejak kongres lima tahun, sudah ada wacana regenerasi, namun sampai sekarang ketua umumnya tetap Ibu Megawati,” ujar Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Marcellus Hernowo di kantor PARA Syndicate, Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Hal yang sama diungkapkan Pemimpin Redaksi Harian Rakyat Merdeka, Ricky Handayani. Menurut Ricky, kongres PDIP merupakan agenda konsilidasi politik partai yang paling tidak menarik untuk media.

Sebab, sudah ada pernyataan dari DPP PDIP bahwa Megawati akan terpilih kembali berdasarkan suara dari arus bawah partai berlambang banteng itu.

Baca Juga :  Ini Mekanisme Pengamanan Super Ketat di MK untuk Jamin Rapat Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor

Namun, yang ditunggu-tunggu dalam kongres kali ini, ujar Ricky, adalah calon pengganti Megawati yang mungkin bisa tercermin dari struktur Ketua Harian atau Wakil Ketua Umum yang diwacanakan akan dibentuk.

“Ketua harian atau Waketum bisa jadi co-pilot yang dipersiapkan untuk menggantikan jika Bu Mega lengser,” ujar Ricky di lokasi yang sama.

Sebagai partai yang kental dengan ideologi Bung Karno, Ricky memprediksi trah Soekarno yang akan menjadi pengganti Megawati. “Prediksi saya Puan Maharani yang akan disiapkan. Tapi apakah Puan dipercaya bisa jadi co-pilot yang andal, ini yang harus diyakinkan,” ujar dia.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto belum bisa memastikan apakah akan ada penambahan struktur partai seperti Wakil Ketua Umum ataupun Ketua Harian dalam Kongres PDIP V di Bali pada 8-10 Agustus mendatang.

Yang jelas, Hasto memastikan struktur tersebut akan dibahas khusus dengan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP Terpilih di Kongres mendatang.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

“Terkait dengan struktur, tentu saja nanti ketua umum terpilih dalam hal ini adalah Ibu Megawati Soekarnoputri, karena berdasarkan hasil Rakernas IV PDIP dan juga aspirasi dari bawah, memohon ibu Megawati untuk berkenan menjadi ketua umum kembali,” ujar Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta pada Kamis (1/8/2019).

Pernyataan Hasto ini menegaskan bahwa Megawati Soekarnoputri akan terpilih kembali untuk periode kelima sebagai Ketua Umum PDIP. Megawati bisa disebut sebagai ketua umum partai terlama di negeri ini. Ia terpilih sebagai Ketua Umum PDIP sejak 1999. Semenjak itu, Megawati selalu terpilih sebagai ketua umum dalam kongres partai Banteng.

Ihwal kapan Megawati akan digantikan dan siapa sosok penggantinya yang dipersiapkan untuk periode selanjutnya, Hasto mengatakan bahwa jawaban tersebut tergantung isyarat langit.

www.teras.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com