JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Lupa Matikan Tungku, Rumah Sumidi Warga Pasarkliwon Solo Ludes Dilalap Api

Joglosemarnews/A Setiawan
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Diduga lupa mematikan tungku, satu rumah ludes dilalap si jago merah, Rabu (12/8/2019) kemarin.

Insiden itu terjadi di rumah Sumidi, warga RT 03/RW 03, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon sekitar pukul 07.30 WIB.

Masyarakat sekitar sempat panik. Pasalnya, anak si pemilik rumah, saat kejadian berlangsung masih berada di dalam kamar dan sedang tertidur pulas.

Untungnya, warga langsung mendobrak pintu yang sempat terkunci, dan anak Sumidi berhasil diselamatkan.

Dugaan sementara, setelah memasak, kompor belum dimatikan secara sempurna dan langsung ditinggal pergi pemiliknya.

Tetangga sebelah rumah sempat mendengar suara seperti sulutan bara api. Setelah dicek keluar ternyata api sudah membakar beberapa titik.

Baca Juga :  Unik,  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Di  Jalan Gatot Subroto

“Api tadi sempat menyambar bangunan di sebelahnya karena berjarak hanya 1-1,5 meter saja. Apalagi daerah itu merupakan pemukiman padat penduduk, dan musim kemarau pula,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta, Gatot Sutanto.

Joglosemarnews/A Setiawan

Ditambahkan oleh Gatot, di pemukiman tersebut, cukup banyak bangunan yang mudah terbakar. Beberapa di antaranya, barang-barang yang mudah terbakar, seperti home industri percetakan.

“Jadi kawasan itu banyak kertas, kayu dan kardus yang mudah terbakar. Jadi yang terbakar tadi ada empat rumah yakni milik Paidi pedagang mie ayam, Nono buruh, Syarif tukang becak dan Sumidi. Hanya sedikit saja yang gosong dan kebakaran ringan di pojok rumah,” ujarnya.

Gatot mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari warga, pihaknya langsung menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran.

Baca Juga :  Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Dari jumlah itu, empat mobil dari Pos Pedaringan, dua dari Pos Gading dan satu mobil dari Pos Kottabarat.

Informasi yang berhasil dihimpun Joglosemarnews, sekitar pukul 08.25 WIB api sudah berhasil dikuasai. Setelah itu, dilakukan upaya pendinginan, guna mamastikan tidak ada lagi bara yang bisa menyala sewaktu-waktu.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui kerugian yang diderita oleh korban. Kini kejadian itu masih ditangani oleh pihak kepolisian.

Usai kejadian, Gatot mengimbau kepada masyarakat agar tidak meninggalkan kompor atau tungku saat memasak.

Sebelum meninggalkan rumah, diminta penghuni rumah harus memastikan api padam secara sempurna dan kelistrikan dalam kondisi aman terkendali. A Setiawan

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com