JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa UT Surakarta Juara I Lomba Poster Nasional

Dok UT Surakarta
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa hukum Universitas Terbuka (UT) Surakarta, Alfin Dwi Novemyanto kembali mengharumkan nama kampus di kancah nasional.

Kali ini, mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi UT Surakarta tersebut berhasil meraih Juara I dalam lomba Poster Nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik STMI Jakarta.

Lomba tersebut digelar dalam rangka Polymer Days tahun 2019. Alfin, sapaan akrabnya, bukan hanya kali ini berhasil diperolehnya.

Selama tahun 2019 ini saja, terhitung sudah 12 piala penghargaan berhasil diperolehnya. Di antaranya adalah Juara I lomba poster tingkat nasional,  penghargaan sebagai penulis terpilih, Juara Harapan I lomba puisi tingkat nasional, dan Juara II lomba desain infografik nasional.

Masih ada lagi, yaitu Juara I dalam lomba esai 2019  dan masih banyak lagi prestasi yang berhasil dia ukir. Prestasi tersebut menambah harum nama UT Surakarta di kancah regional dan nasional.

Selain jago dalam bidang desain grafik dan menulis, Alfin juga memiliki kemampuan akademik yang memukau. Tercatat IP Alfin saat ini adalah 3,92. Sebagai mahasiswa berprestasi, Alfin membagikan tips suksesnya kepada mahasiswa lain di UT Surakarta agar tetap berprestasi.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Salah satu kiat sukses Alfin adalah selalu mendekatkan diri kepada Alloh, ikhtiar dibarengi dengan doa dan senantiasa terus semangat pantang menyerah.

“Apalagi sebagai penerima beasiswa bidikmisi, saya bukanlah berasal dari keluarga yang mampu, saya harus membantu ekonomi keluarga meskipun saya sedang kuliah, itulah yang selalu memotivasi saya untuk mengikuti banyak lomba. Hasil dari kejuaraan itu bisa saya gunakan untuk membantu mengurangi beban ekonomi keluarga,” Jelas Alfin.

Alfin melanjutkan, kuliah tanpa mengikuti kompetisi, ibarat sayur tanpa garam, rasanya hambar. Selagi masih memiliki kesempatan untuk kuliah dan mengikuti banyak kompetisi, menurut Alvin, sebaiknya kesempatan itu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengalaman bagi mahasiswa.

“Sebagai mahasiswa penerima beasaiswa, saya merasa memiliki amanah yang harus saya jaga, selain nilai akademik juga saya harus menjaga nama baik dan membawa harum nama universitas. Karena kita sudah difasilitiasi lebih dari cukup oleh negara sebagai penerima beasiswa bidikmisi ini, maka kita harus mengoptimalkan diri agar tidak mengecewakan,” kata Alfin mantap.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Di UT Surakarta, Alfin juga merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa UT Surakarta (Himasuta). Melalui Himasuta, berbagai kegiatan kemahasiswaan diwadahi.

Yulia Budiwati, Direktur UT Surakarta, sangat mengapresiasi kegiatan kemahasiswaan yang lebih sering muncul dari inisiatif mahasiswa sendiri dan prestasi yang mereka hasilkan.

Yulia beharap, anak muda sekarang hidup di dunia yang memiliki perubahan sangat cepat. Karena itu mereka harus memotivasi diri dengan semangat yang tinggi.

“Anak muda saat ini harus bisa work hard and never give up,” ujar Yulia, sebagaimana rilis yang dikirimkan ke Joglosemarnews. suhamdani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com