JOGLOSEMARNEWS.COM Info Info Haji

MIW Berangkatkan 165 Calon Jemaah Haji Furoda dan Buka Pendaftaran Haji 2020. Berikut Penjelasan Apa itu Haji Furoda

KH Enha, pembimbing haji dari MIW. foto : dok
   
KH Enha, pembimbing haji dari MIW. foto : dok

JAKARTA-Madinah Iman Wisata (MIW) siap menerima pendaftaran haji furoda yang akan berangkat tahun 2020. Pada musim haji tahun 2019 ini MIW memberangkatkan 104 haji khusus dan 165 haji furoda. Mereka dilepas pada Sabtu (3/8/2019) kemarin.

Dalam siaran pers kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Pimpinan MIW, Didik Ariyanto menyatakan, minat haji furoda meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu pihaknya juga melayani para peminat haji furoda tersebut dengan baik.

Pembimbing haji Madinah Iman Wisata, KH Nurul Huda (Enha) menuturkan. di saat keberangkatan ke Tanah Suci mengalami antrean super panjang, mendadak haji furoda menjadi primadona menjemput panggilan Tuhan. Lantas apa itu haji furoda. “Secara bahasa furoda berarti sendiri. haji furoda adalah keberangkatan ke Tanah Suci lewat visa haji tanpa jalur kuota yang diberikan pemerintah Saudi ke pemerintah Indonesia,” kata KH Enha.

Dia menambahkan, kendati di luar kuota, haji furoda ini sangat legal. “La hajja bila tasyrih. Tidak boleh haji tanpa visa. Slogan ini ada nyaris di semua titik jalan di mekah. karena itu visa haji furoda sangat legal. Karena prasyarat teknis administratif memasuki negeri orang utamanya Saudi Arabia, utamanya lagi khusus ibadah haji, adalah visa haji,” terang Kiai Enha.

Haji furoda, lanjutnya, bukan hanya memiliki visa khusus tetapi juga disediakan maktab tersendiri di Tanah Suci. “Khusus untuk maktab furoda disediakan pada jarak yang lumayan jauh dari tempat melontar jamaraat. Karena itu kami selalu ikhtiyarkan pada maktab yang nyaman. Tiga tahun ini, alhamdulillah semua jamaah haji kami berangkatkan tanpa kendala,” tambah Didik.

Didik menyatakan, pengajuan persyaratan sudah bisa dimulai dari sekarang untuk keberangkatan tahun 2020. ”Secara fasilitas, haji furoda yang kami kelola sama dengan ONH Plus yang menggunakan standar bintang 5. Kelebihannya adalah calon jamaah tidak perlu antre sampai tujuh hingga delapan tahun sebagaimana mendaftar di ONH plus.”

Fasilitas lainnya adalah pendampingan bersama pembimbing yang tersertifikasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Mereka para alumni pesantren yang sudah sangat berpengalaman dalam membimbing haji dan umrah. “Haji furoda ini insya Allah aman, bersama kami di Madinah Iman Wisata, semua jamaah haji furoda disampaikan pelaporannya langsung ke Kementrian Agama Republik Indonesia,” tutur dia.

Mengenai biaya, urainya, tidak jauh beda dengan ONH Plus yang normalnya saat ini berada di kisaran 12.000 USD namun dengan antrian quota yang panjang. MIW menggulirkan program haji furoda dengan menambahkan sedikit tanpa antrian. “Caranya dengan DP atau tanda jadi US$1000, kemudian pembayaran kedua US$7500 setelah khitab atau insert name ke sistem Kementrian Haji Saudi keluar. Sedangkan pembayaran ketiga atau pelunasannya dua minggu sebelum keberangkatan. Biaya keseluruhan US$17.500.Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai program ini bisa menghubungi nomor 08128772735,” terang Didik. (Syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com