JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pilkades Sejumlah Desa Diprediksi Memanas, Polres Siapkan Bantuan Personel Polda dan Polres Tetangga. Ini Beberapa Desa Yang Masuk Bidikan! 

Momen penetapan gambar calon Pilkades Taraman 2013 yang memanggungkan Agus Widodo Sodron (tengah) dan rivalnya Kamdiyo (kiri) serta satu calon penyerta. Dokumentasi/Wardoyo
   
Momen penetapan gambar calon Pilkades Taraman 2013 yang memanggungkan Agus Widodo Sodron (tengah) dan rivalnya Kamdiyo (kiri) serta satu calon penyerta. Dokumentasi/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Polres Sragen Personel menyatakan bakal meminta bantuan personel ke Polda dan jajaran Polres tetangga untuk  pengamanan gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak September 2019. Hal itu dilakukan untuk memastikan gelaran Pilkades di 167 desa mendatang berlangsung lancar dan kondusif.

Hal itu disampaikan Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan ditemui usai menghadiri paripurna APBD Perubahan di DPRD Sragen, Rabu (7/8/2019). Ia mengatakan sejauh ini, masih dilakukan pemetaan terhadap kondisi dan potensi kerawanan yang bisa muncul di Pilkades.

Menurutnya memang ada beberapa titik yang agak rawan. Namun secara umum dinilai masih dalam kadar aman.

“Memang ada beberapa yang kita petakan (agak rawan). Ada beberapa titik, tapi secara umum masih aman,” paparnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Meski tak menyebut detail, Yimmy mengisyaratkan potensi kerawanan itu dimungkinkan ada di Pilkades yang pendaftarnya lebih dari lima. Seperti di Taraman Kecamatan Sidoharjo, di Kecamatan Sambungmacan, dan di Kecamatan Mondokan.

“Memang ada beberapa titik dan terus kita pantau. Di Sidoharjo ada satu, lalu di Sambungmacan, di Mondokan juga ada.  Tapi sementara masih aman. Kan belum tentu tujuh itu nanti maju semua. Sambil nunggu penetapan calon juga,” terangnya.

Lebih lanjut, AKBP Yimmy menguraikan kendati secara umum relatif aman, pemetaan dan pantauan terus diintensifkan. Selain Kapolsek yang terjun ke wilayah, pantauan juga diitensifkan lewat para bhabinkamtibmas.

Soal kekuatan personel yang akan dikerahkan, masih menunggu hasil pemetaan. Namun untuk gambaran sementara, per TPS akan dijaga dua personel dengan penambahan bagi TPS yang dianggap membutuhkan pengamanan lebih.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

“Ini juga masih kita hitung berapa kekuatan yang kita butuhkan. Termasuk berapa yang akan kita mintakan dari Polda. Kita juga akan minta bantuan dari Polres sekitar untuk membackup,” tandasnya.

Di sisi lain, aura panas memang sudah terasa di beberapa desa. Seperti di Taraman Sidoharjo yang semula santer diprediksi bakal mengulangi pertarungan adu gengsi dua calon di Pilkades 2013, ternyata di luar dugaan diserbu pendaftar dari luar di detik akhir jelang penutupan.

Potensi memanas kemungkinan bakal muncul jika salah satu dari dua calon di 2013, gagal lolos ke panggung pertarungan.

Pun di beberapa desa yang pendaftarnya lebih dari 5, potensi gesekan juga cukup tinggi. Wardoyo

 

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com