JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Puluhan Siswa Difabel Berkreasi Lewat Seni Grafiti

Joglosemarnews/A Setiawan
   
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Komunikotavisual menyelenggarakan kegiatan DiARTbilitas di Tanarata Art Space, Mojosongo, Rabu (14/8/2019).

Lebih tepatnya, kegiatan yang mengusung tema “Karya Kita Untuk Indonesia” tersebut berlangsung di webelah utara Griya PMI Mojosongo di sebelah timur SMA Negeri VIII Surakarta.

Uniknya, peserta kegiatan kreatif itu adalah anak-anak penyandang disabilitas, yang jumlahnya sekitar 20- an orang.

Baca Juga :  Tak Jadi Pakai Pasir, Pihak Terkait Sepakat Penutup Lahan Alkid dan Alut Keraton Solo Akan Pakai Rumput
Joglosemarnews/A Setiawan

“Kegiatan ini diinisiasi untuk memberi ruang khususnya bidang seni rupa kepada penyandang disabilitas untuk juga ikut serta menyambut peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI,” ujar Founder Komunikotavisual, Basnendar.

Ide, gagasan dan imajinasi anak-anak difabel tersebut dituangkan dalam wujud seni grafiti di atas media teipleks berukuran 6 x 1 meter.

“Tempatnya di area terbuka, sehingga anak-anak lebih bebas berekspresi. Dan ono menkasi pengalaman berharga bagi mereka,” ujarnya.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Acara ini digelar di tempat umum, sekaligus untuk mengedukasi bahwa semua warga masyarakat berhak dan ikut serta merayakan HUT Kemerdekaan RI setiap bulan Agustus.

Aksi pentas seni tersebut, menurut Basnendar juga bisa menjadi terapi alternatif bagi siswa penyandang disabilitas untuk berkreasi dengan dunia yang lebih luas melalui seni grafiti. A Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com