JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Salat Idul Adha di UNS, Prof Ahmad Yunus : Kurban merupakan Manifestasi dari Kesadaran kita Sebagai Makhluk Sosial 

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho menyerahkan hewan kurban secara simbolis sebanyak 235 kambing dan 13 sapi kepada LAZIS UNS melalui program Kurban Sampai Pelosok 2019. Humas UNS
   
Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho menyerahkan hewan kurban secara simbolis sebanyak 235 kambing dan 13 sapi kepada LAZIS UNS melalui program Kurban Sampai Pelosok 2019. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H di Halaman Gedung Dr Prakoso, Minggu (11/8/2019). Bertindak sebagai Khotib yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof Ahmad Yunus dan sebagai Imam adalah mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNS, Muhammad Hadziq Munajih.

Dalam Khotbahnya, Prof Ahmad Yunus mengatakan bahwa ibadah kurban tahunan yang umat Islam laksanakan adalah bentuk i’tibar atau pengambilan pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. “Setidaknya ada tiga pesan yang bisa kita tarik dari kisah tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta ritual penyembelihan hewan kurban secara umum,” ujar Prof Yunus.

Lanjut Prof Yunus, sedekah daging hewan kurban hanyalah simbol dari makna kurban yang sejatinya sangat luas, meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, pikiran, waktu dan lain sebagainya.

Prof Yunus menekankan bahwa pengorbanan merupakan manifestasi dari kesadaran kita sebagai makhluk sosial. Bayangkan, bila masing-masing manusia sekadar memenuhi ego dan kebutuhan sendiri tanpa peduli dengan kebutuhan orang lain, alangkah kacaunya kehidupan ini. “Orang perlu mengorbankan sedikit waktunya, misalnya, untuk mengantri dalam sebuah loket pejualan tiket, bersedia menghentikan sejenak kendaraannya saat lampu merah lalu lintas menyala, dan lain-lain. Sebab, keserakahan hanya layak dimiliki para binatang. Di sinilah perlunya kita “menyembelih” ego kebinatangan kita, untuk menggapai kedekatan kepada Allah, karena esensi kurban adalah solidaritas sesama dan ketulusan murni untuk mengharap keridhaan Allah,” terang Prof Yunus.

Ribuan jamaah yang berasal dari kalangan masyarakat, mahasiswa dan civitas akademika UNS memadati halaman gedung pusat dr. Prakosa.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho menyerahkan hewan kurban secara simbolis sebanyak 235 kambing dan 13 sapi kepada LAZIS UNS melalui program Kurban Sampai Pelosok 2019. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com