JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Setelah Ibu Kota Baru Siap, Menpan Sebut Ada 180.000 PNS akan Dipindah ke Sana

   
Foto/Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Pemeberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin mengatakan setelah Ibu Kota baru selesai dibangun, akan ada sekitar 180.000 aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan ke sana.

Kita sudah data, yang berada di kementerian lembaga dan badan badan itu yang di tingkat pusat itu jumlahnya 180.000 ASN,” kata Syafruddin di Kantor Wakil Presiden, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Agustus 2019.

Syafruddin mengatakan jumlah itu merupakan data saat ini. Jika pemindahan selesai sepenuhnya sesuai target, yakni 2024 mendatang, maka 30 persen dari 180 ribu ASN itu tidak akan ikut pindah karena telah pensiun.

Baca Juga :  Selain Megawati, Ternyata MK Juga Terima Amicus Curiae BEM Fakultas Hukum dari 4 PTN di Indonesia

Namun dengan adanya perekrutan ASN secara berkala, Syafruddin mengatakan jumlahnya akan tetap berada di kisaran 180 ribu orang. Ia pun mengaku cukup optimistis dengan ASN generasi muda itu.

“Sekarang ASN kita ini ada sangat handal, terutama periode perekrutan 2017-2018 lalu. Dan sekarang 2019 itu andal, siap mental, wawasan cukup bagus, kemampuan berpikir profesional cukup bagus. Itu yang akan berpindah,” kata Syafruddin.

Syafruddin mengatakan para ASN tak perlu khawatir atau takut dengan pindah ke Kalimantan Timur. Konsep ibu kota baru yang akan dikhususkan menjadi pusat pemerintahan itu, kata dia, akan menjadi kota maju dengan fasilitas lengkap.

Baca Juga :  Muncul Rumor Perpecahan di Internal PDIP, Ini Bantahan Hasto

Mulai dari kawasan hunian yang disediakan pemerintah, hingga transportasi yang akan lebih maju. “Mungkin saja di sana, karena itu smart city dan green city. Di sana cukup berjalan 500 meter misalnya, seprti kita lihat di kota Canberra, Den Haag,” kata Syafruddin.

Kemarin, Presiden Joko Widodo menetapkan lokasi ibu kota baru akan berada di wilayah Kalimantan Timur. Persisnya, lokasi pengganti Jakarta itu ada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com