JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tragis, Ditinggal Ngurusi Daging Kurban, Rumah dan Semua Harta Warga Sumberlawang Sragen Ludes Tak Tersisa. 1 Warga Turut Jadi Korban

Tim pemadam kebakaran dan PMI Sragen saat membantu pemadaman kebakaran rumah di Pendem, Sumberlawang, Sragen, Minggu (11/8/2019). Foto/Wardoyo
   
Tim pemadam kebakaran dan PMI Sragen saat membantu pemadaman kebakaran rumah di Pendem, Sumberlawang, Sragen, Minggu (11/8/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban di Sumberlawang, Sragen berubah menjadi gempar. Sebuah insiden kebakaran hebat melanda rumah salah satu warga di Dukuh Jengkilong, Bulurejo RT 19, Pendem, Sumberlawang, Sragen, Minggu (11/8/2019) pagi.

Kobaran api dahsyat menghanguskan satu rumah berikut semua harta benda di dalamnya. Rumah tersebut diketahui milik Pami (70).

Data yang dihimpun di lapangan, kobaran api kali pertama diketahui sekitar pukul 09.30 WIB. Menurut keterangan warga, saat kejadian korban sedang membantu mengurusi penyembelihan hewan kurban dan daging kurban di dukuh setempat.

Rupanya korban lupa sebelum ditinggal, ia sempat menyalakan kompor gas di dapur. Api kemudian langsung berkobar hebat melahap semua bangunan rumah korban.

Cuaca terik ditambah konstruksi rumah yang mayoritas terbuat dari kayu, membuat kobaran api makin tak terkendali.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Warga dan korban yang mengetahui kejadian, langsung berhamburan menyerbu lokasi rumah korban untuk membantu pemadaman dengan alat seadanya.

Satu warga mengalami luka bakar ringan di bagian tangan dan kaki akibat membantu pemadaman. Tak lama berselang, tiga unit mobil pemadam datang ke lokasi untuk membantu pemadaman.

Namun kondisi api sudah terlanjur melahap seisi rumah. Api baru bisa dipadamkan total sekira pukul 12.00 WIB dengan kondisi rumah sudah rata tanah. Semua harta benda, barang berharga di dalam rumah, ludes tak tersisa.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubag Humas AKP Agus Jumadi membenarkan kejadian itu. Dari hasil olah TKP, kebakaran diduga dipicu oleh kelalaian pemilik rumah yang menyalakan kompor dan lupa mematikan.

“Akibat kejadian itu, kerugian ditaksir Rp 150 juta,” paparnya Minggu (11/8/2019).

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Sementara, Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi menguraikan seusai menerima laporan, tim PMI juga langsung terjun untuk melakukan assesment dan memberikan penanganan medis.

Menurutnya, ada satu warga yang terpaksa mengalami luka bakar saat membantu pemadaman. Petugas PMI bersama PSC 119 langsung memberikan pertolongan pertama kepada warga masyarakat yang mengalami luka bakar ringan pada tangan kanan dan kiri itu.

“Beruntung, korban hanya mengalami luka bakar ringan dan tadi langsung ditangani oleh tim. Rumah yang terbakar berukuran 10 x 18 meter,” paparnya.

Karena rumah ludes, penghuni sementara tinggal di rumah kerabat yang masih di wilayah setempat. Sementara untuk meringankan beban korban, PMI juga langsung menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada korban. Bantuan yang diberikan berupa sembako, bahan pangan, 3 Peket Hygine Kit dan 3 Terpaulin. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com