Beranda Daerah Sragen Video: Detik-detik Ratusan Warga Jambanan Sragen Berebut Gunungan Dekah Dusun!

Video: Detik-detik Ratusan Warga Jambanan Sragen Berebut Gunungan Dekah Dusun!


loading...
Loading...

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM– Suasana meriah Menghiasi Desa Jambanan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Kamis (25/7/2019) siang. Ratusan warga besar kecil tua muda tumpah ruah menghadiri acara kirab haul dekah dusun yang dipusatkan di Dusun Kwayon desa setempat.

Diawali dengan kirab gunungan, ratusan warga mengarak gunungan yang terbuat dari hasil bumi petani. Di barisan depan, para perangkat dan sesepuh desa hingga karang taruna memimpin kirab dengan pakaian kejawen.

Menariknya, meski bernafaskan tradisi jawa, sepanjang jalan yang dilalui menuju sendang kawak atau sumur tua, peserta kirab melantunkan salawatan.

Baca Juga :  Kecelakaan Motor 2 Bocah SD asal Sragen dan Karanganyar di Masaran. Gara-gara Ngebut, Ringsek Seruduk Motor Misterius

Setiba di sendang, gunungan dan jembulan beraneka hasil bumi dan makanan, kemudian didoakan bersama-sama.

Selanjutnya, gunungan hasil bumi diperebutkan bersama oleh warga. Aura kegembiraan dan kebersamaan sangat terasa. Setelah itu, warga bersama-sama menyantap bancaan yang dibuat oleh semua warga dan dikumpulkan jadi satu.

“Dapat kacang dan sawi Pak. Alhamdulillah, semoga berkah. Ini juga wujud syukur warga karena panenan sukses dan kali ini memang lebih meriah. Setiap tahun ada tradisi seperti ini,” papar Sugiyanti (48) warga Dusun Kwayon, Jambanan, Sidoharjo yang ikut berebut gunungan hasil bumi.

Baca Juga :  Kekeringan Sragen Mulai Memuncak. Gelontoran Droping Sudah Lebih 200 Tangki, Tiap Hari 4 Mobil PDAM Dikerahkan Wira-wiri Kirim Air 

Kades Jambanan, Sugino Welly menuturkan tradisi sedekah bumi atau dekah dusun itu digelar tiap tahun dan turun temurun dari nenek moyang. Tradisi itu sebagai wujud syukur warga atas hasil bertani yang bisa panen baik.

Menurutnya gelaran dekah dusun tahun ini memang lebih berbeda. Selain diperluas menjadi 3 dusun, acara juga dimeriahkan dengan aneka perlombaan dan hiburan.

Baca Juga :  Fenomena Semburan Api di Tanon Sragen, Dinas Lingkungan Hidup Langsung Lapor ESDM Provinsi. Tim ESDM Bakal Terjun Cek Lokasi 

“Tradisi ini digelar setahun sekali,digelar setiap Kamis Legi kalau dulu hanya satu dusun sekarang pesertanya meluas ke 3 dusun. Warga tadi memperebutkan gunungan hasil bumi, istilahnya ngalap berkah.

Tapi itu hanya mitos saja, yang jelas kami dari pihak desa bersama semua elemen termasuk karang taruna memang komitmen untuk menjaga dan melestarikan tradisi ini. Jangan sampai budaya baik ini punah,” terangnya.

(Wardoyo)

Penasaran, berikut video detik-detik ratusan warga berebut gunungan di dekah dusun Jambanan:

Iklan
Loading...