JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Bambang Eka Purnama Bekali Mahasiswa Baru Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo Soal Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

   
Akademisi Bidang Teknologi Informasi Bambang Eka Purnama memberikan kuliah umum di Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo. Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Akademisi Bidang Teknologi Informasi Bambang Eka Purnama memberikan kuliah umum di Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo. Tema yang dibahas dalam kuliah umum ini tentang cara bijak menggunakan media sosial.

Kuliah dimulai dengan pembahasan tentang media sosial di era 2000an, melalui rilis kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Bambang menceritakan di era tersebut media sosial yang sedang berjaya adalah Friendster. Saat itu di Indonesia penggunanya paling banyak di dunia, tetapi, lambat  laun orang mulai beralih ke Facebook karena mudahnya menemukan teman lamanya di jejaring sosial Facebook.

Era milenia jejaring sosial banyak mencuri perhatian anak muda dan menengah ke atas. Banyak orang kaya ditemukan di facebook. Bahkan untuk mengetahui perilaku dan kepribadian seseorang bisa dilihat dari aktivitasnya dijejaring sosial. Hal ini juga terjadi untuk membranding usaha dan perusahaan atau bahkan kampus dan sekolah.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Namun banyak juga yang terjadi perilaku orang yang menggunakan jejaring sosial untuk niat jahat. Berbagai macam kejahatan penipuan dan propaganda banyak dilakukan untuk menyebar hoax dan kebencian. Walaupun undang – undangn ITE sudah disahkan namun dalam kehidupan masih sering ditemukan berbagai kasus yang menyangkut cyber crime.

Bambang Eka Purnama akademisi yang konsen dibidang Teknologi Informasi memaparkan berbagai macam modus kejahatan yang sering terjadi di masyarakat dan bagaimana mengantisipasinya di kuliah umum Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo. Namun Bambang lebih senang memberikan pemahaman pencegahannya daripada menjelaskan modusnya lebih dalam. Hal in disebabkan karena dengan mencegah dan mengantisipasi maka diri kita dan terutama mahasiswa Baru Poltekkes akan lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Lebih lanjut Bambang memaparkan bahwa dengan memanfaatkan media sosial dengan baik akan mendatangkan banyak manfaat dan keuntungan. Misalnya untuk membranding produk dan perusahaan dan memasarkan produk dan jasa yang digelutinya. Produk UMKM dan sekolah yang masih konvensional akan menjadi lebih baik performanya jika dikelola dengan baik dengan media sosial. Jadi sekarang tinggal bagaimana kita menggunakannya untuk hidup kita kata Bambang kepada media. *

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com