JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

BMKG Pasang Radar Tsunami di Pantai Parangtritis, Yogyakarta dan DIY dan Pantai Keburuhan Purworejo, Jateng

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
   
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memasang alat peringatan dini gempa bumi dan tsunami di Pantai Parangtritis, Yogyakarta dan Pantai Keburuhan Purworejo, Jateng.

Alat berupa radar ini tsunami ini dinilai sangat penting karena kedua wilayah tersebut merupakan kawasan rawan gempa bumi dan tsunami.

“Pembangunan radar tsunami ini merupakan bentuk kerjasama BMKG Indonesia dan MIC (Ministry of Internal Affairs and Communications) Jepang, serta didukung oleh Universitas Gadjah Mada,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam siaran pers, Sabtu (31/8/2019).

Dwikorita menerangkan, kinerja radar tsunami itu akan diuji dan dievaluasi terlebih dahulu dalam kurun waktu 6 bulan – 1 tahun ke depan guna memperoleh hasil yang lebih optimal. Radar tsunami tersebut nantinya akan memonitor arus laut (kecepatan, arah, ketinggian dan periode gelombang) dengan menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi atau gelombang pendek atau disebut HF radar.

Baca Juga :  Majelis Pekerja Buruh Indonesia DIY: Perusahaan Tak Bayar THR Pasti Kami Laporkan

“Sistem HF radar ini (frekuensi 16 MHz) mampu memonitor wilayah laut dengan luasan 800 km persegi dengan radius jangkauan 80 km,” ujar Dwikorita.

Sementara itu, Kepala Bidang Geofisika, Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Supriyanto, menambahkan instalasi dan pemasangan instrumen radar tsunami relatif mudah karena sistem tersebut ditempatkan dipesisir pantai dalam bentuk antena – antena radio.

“HF radar ini juga dapat berfungsi sebagai Oceanographic Radar yang memiliki multi-fungsi tidak hanya sebagai monitoring gelombang tsunami, tetapi juga untuk kemaritiman seperti monitoring arus permukaan, gelombang dan pola pasang surut air laut,” jelasnya.

Selain itu, tambah Dia, pada bidang kebencanaan oceano-meteorologi radar ini mampu untuk memonitor ketinggian gelombang dan tekanan udara rendah akibat siklon tropis, serta memberikan informasi prediksi sebaran polusi atau tumpahan minyak, dan bahkan apabila terjadi kecelakaan laut radar ini dapat membantu tim rescue dalam melakukan evakuasi korban. Radar ini juga mampu memonitor pergerakan sampah di lautan, pergerakan arus laut, dan perubahan volume air laut.

Baca Juga :  Warga Gunungkidul Ini Tewas Terlentang dengan Daun Salam Terpegang di Tangan Kirinya

Saat ini pembangunan radar tsunami di Pantai Parangtritis – Yogyakarta dan Pantai Keburuhan – Purworejo memasuki tahap awal konstruksi.

“Diharapkan dengan selesainya instalasi dan uji coba yang ditargetkan Maret 2020, kehadiran radar ini akan membantu meningkatkan kehandalan sistem peringatan dini tsunami pada obyek – obyek vital negara, khususnya Bandara Yogyakarta Intenational Airport (YIA)”, tutur Dwikorita kembali menutup penjelasannya.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com