JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bupati Karanganyar Minta Semua OPD Keroyok Kemiskinan. BPS Sebut Angka Kemiskinan 2018 Turun 2 Persen 

Ilustrasi kemiskinan
   
Ilustrasi kemiskinan

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Pusat Statistik (BPS) Karanganyar mengklaim angka kemiskinan di Karanganyar turun 2,17 persen pada 2018. Sementara Bupati Karanganyar mengaku akan mengerahkan OPD untuk mengeroyok agar angka kemiskinan bisa terus ditekan.

Angka kemiskinan di Karanganyar menyentuh angka 10,01 persen pada 2018. Turun dua digit dibanding tahun 2017 sekitar 12,28 persen.

Sedangkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) sekitar 75,54 persen dan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,98 persen.

“Ada efek positif dalam penurunan angka kemiskinan. Tahun ini turun 2 digit. Dibandingkan tahun sebelumnya turun sedikit,” kata Kepala BPS Karanganyar Agustinus Hariyanto kepada wartawan kemarin.

Agustinus menguraikan, ekspose data dari Sensus per Maret 2018 ini dapat digunakan Pemerintah Daerah (Pemda) guna perencanaan dan evaluasi.

Ditambahkannya, sensus penduduk akan dilaksanakan pada Februari-Maret 2020.

Secara terpisah, saat ditanya terkait angka kemiskinan, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, untuk menurunkan angka kemiskinan perlu data lebih lengkap, kemudian dibuatkan program pengentasan.

“Tugas kita menurunkan angka kemiskinan serendah mungkin. Orang miskin harus kita data, by name by address. Perlakuan, sentuhan, programnya apa, kita keroyok dengan OPD terkait,” ungkapnya. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com