JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Kebakaran Hanguskan Lima Hektar Hutan Negara di Kecamatan Bulu Sukoharjo. Aparat Dikerahkan Padamkan Api 

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hutan negara melanda di Desa Gentan, Kecamatan Bulu sejak Kamis (5/9/2019) pagi. Hingga kini, diperkirakan lima hektare lahan sudah terbakar.

Beruntung, berkat kesigapan aparat, apiakhirnya bisa dipadamkam sekitar pukul 21.30 WIB. Kebakaran diduga dari tegalan milik warga di sisi selatan hutan. Karena hembusan angin cukup kencang, bara api diperkirakan terbawa angin dan membakar hutan.

“Sumber api muncul sekitar pukul 10.30 WIB di dari sebuah tegalan milik warga di sisi selatan hutan. Karena angin cukup kencang, diperkirakan menerbangkan bara api yang membakar hutan,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto saat ditemui Jumat (06/09/2019) dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Sri Maryanto mengaku BPBD menerima laporan dari warga Desa Karangasem, Bulu, Sukoharjo sekitar pukul 10.30 WIB. Karena anginnya kencang, kobaran api menjadi tidak terkontrol dan merembet ke kawasan hutan.

Saat api mulai membakar hutan, warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, hembusan angin kencang dengan cepat merembet ke kawasan hutan yang kebanyakan merupakan semak-semak kering.

Diakui Sri Maryanto, proses pemadaman sendiri cukup sulit karena medannya yang terjal. Selain warga, pemadaman juga dilakukan oleh personil dari Perhutani, BPBD, relawan, dan juga aparat kepolisian dan TNI.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Pemadaman dilakukan dengan membuat ilaran atau sekat bakar serta dengan menggunakan gepyok. Mobil pemadam kebakaran ada dua unit yang diterjunkan meski sulit menjangkau lokasi dalam hutan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Bulu Iptu Dalmadi saat dikonfirmasi membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran hutan di Desa Gentan, Kecamatan Bulu.

Dia menuturkan, bahwa berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa kebakaran terjadi diduga dari tegalan milik warga di sisi selatan hutan. “Karena hembusan angin cukup kencang, maka bara api diperkirakan terbawa angin dan membakar hutan,” ujarnya. JSnews

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com