JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kebakaran Hutan Merbabu Capai 300 Hektare. Ratusan Personel Berbagai Unsur Dikerahkan 

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Perkembangan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kawasan gunung Merbabu, Jajaran Polres Magelang bersama sama dengan TNI, BPBD, Damkar, TNGM, Relawan, dan warga masyarakat telah berjibaku melakukan pemadaman.

Kapolres Magelang Polda Jateng AKBP Yudianto Adhi Nugroho turun langsung ke lokasi memantau pelaksanaan pemadaman.

“Karena sulitnya medan agar personil yang melaksanakan pemadaman untuk berhati-hati karena lokasi kebakaran di medan yang terjal dan curam, utamakan keselamatan diri sendiri terlebih dahulu,” paparnya.

Para personel gabungan penyekat kebakaran dalam menuju lokasi melalui Base Camp pendakian Dusun Swanting, Desa Banyuroto Sawangan, dipimpin oleh Danramil 12 Sawangan Kapten Infantri Sukenang diikuti peserta 157 orang.

Baca Juga :  Menara Komunikasi di Puncak Gunung Merbabu Roboh Diterjang Badai Besar

Personel penyekat kebakaran melibatkan banyak unsur. Mulai dari unsur TNI, Polri, TNGM, BPBD kabupaten Magelang, SAR Vena, SAR MMI, LPBD Gantang, Baitul Mal Peduli, Mapala USM, TMP Resque, Celeng Resque, MDMC kabupaten Magelang, AGMM, LPBD Banyuroto, OPRB Mertoyudan.

Kemudian OPRB Lembing, Garda Metro, Granat Resque, Satpol PP, Dinkes kabupaten Magelang, personil Kecamatan Sawangan, relawan gunung merapi, gabungan pendaki dan warga desa Banyuroto.

Kapten Infanteri Sukenang menyampaikan dalam proses pemadaman sebaiknya lihat posisi titik api dan arah angin. Hal itu untuk menjaga dari hal- hal yang tidak diinginkan serta jaga keselamatan masing- masing pribadi.

“Untuk memadamkan api karena tidak ada air maka gunakan alat seadanya seperti ranting pohon dengan cara dipukul- pukul kearah api,” katanya dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

Menurut keterangan pejabat TNGM, Edy Mintaryo mengatakan, Total area yang terbakar di taman nasional gunung Merbabu sampai hari kedua mencapai 300 hektare lahan yang terbakar.

Kebanyakan adalah safana yaitu berupa padang rumput, ilalang dan pohon perdu sedangkan hutan konservasi hanya sedikit di wilayah Dusun Tretes dan Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan.

“Kalau hari ini api tidak padam rencana pemadaman akan menggunakan helycopter. Karena kalau hanya menggunakan tenaga manusia kecil kemungkinan bisa berhasil dengan kendala medan lokasi kebakaran yang sulit berupa bukit, jurang dan semak belukar,” pungkasnya. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com