JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemberian Penghargaan ‘Putra Reformasi’ untuk Jokowi Ditolak BEM Universitas Trisakti

Ratusan Mahasiswa menggelar aksi menolak RUU KUHP dan UU KPK yang baru di depan gerbang pintu gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (19/9/2019) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rencana pemberian penghargaan Putra Reformasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Universitas Trisakti memicu polemik internal.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti menolak rencana tersebut.

“Sikap mahasiswa adalah menolak pemberian penghargaan tersebut,” kata Presiden Mahasiswa Trisakti, Dinno Ardiansyah saat dihubungi, Minggu (22/9/2019).

Menurut Dinno, rencana pemberian penghargaan itu dilakukan tanpa penilaian yang jelas. Ia menilai Presiden Jokowi belum menunjukan upaya nyata menuntaskan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia yang menjadi cita-cita reformasi.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Kasus pelanggaran HAM yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah Jokowi, kata dia, di antaranya Peristiwa 12 Mei 1998, di mana empat mahasiswa Trisakti tewas ditembak.

Dinno mengatakan, pihak universitas juga tidak mengajak mahasiswa berdiskusi dalam pemberian penghargaan tersebut.

“Hal ini jadi polemik di internal kampus,” kata dia.

Sebelumnya, isu rencana pemberian penghargaan Putera Reformasi kepada Jokowi beredar melalui surat berkop Universitas Trisakti di media sosial.

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

Surat bernomor 339/AK.15/USAKTI/R/IX/2019 itu ditujukan kepada Menteri Sekretaris Kabinet. Dalam surat itu, pihak kampus menyatakan akan memberi penghargaan Putera Reformasi kepada Jokowi dalam peringatan Dies Natalies Universitas Trisakti ke-54.

Rektor Universitas Trisakti, Ali Ghufron Mukti belum memberikan komentar mengenai kebenaran surat tersebut. Ia tak mengangkat telepon dan tidak membalas pesan konfirmasi yang dilayangkan Tempo.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com