JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengusutan Kasus Papua Jalan Terus, Ketua KNPB Mimika Dicokok, Diduga Jaringan Benny Wenda

Benny Wenda (kiri) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Diduga terlibat diduga dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa wilayah lainnya di Papua, Ketua KNPB Mimika Steven Itlay ditangkap Polisi di Gerbang Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua, Rabu (11/9/2019).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan, Steven diduga terkoneksi dengan jaringan Benny Wenda.

“Dugaannya terkoneksi dengan BW (Benny Wenda). Kami sedang mendalami lebih lanjut peran yang bersangkutan,” ucap dia melalui pesan tertulis, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

National Committee for West Papua atau Komite Nasional Papua Barat (KNPB) adalah sebuah kelompok masyarakat papua yang berkampanye untuk kemerdekaan Papua Barat.

Adapun Benny Wenda sebelumnya warga Papua, tetapi  kemudian meminta suaka ke Inggris pada 2003. Dia merupakan Ketua Gerakan Pembebasan Bersatu untuk Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Polisi menduga, Steven menjalin komunikasi dengan Benny Wenda, yang dituduh pemerintah sebagai dalang aksi kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Sebelumnya, Steven pernah ditangkap polisi pada April 2016 dan dijadikan tersangka penganiayaan terhadap Kepala Kepolisian Resor Mimika Ajun Komisaris Besar Yustanto. Steven bebas pada 11 Februari 2017.

Dalam kasus kerucuhan di Papua dan Papua Barat, polisi juga meringkus dua orang, yang diduga sebagai aktor intelektual, yakni FBK dan AG. Keduanya termasuk 96 orang yang telah ditetapkan menjadi tersangka.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com