JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Penting! Ini Pentingnya Perawatan Gigi Berlubang Sebelum Hamil Menurut Ahlinya

Ilustrasi gigi sehat. pexels
   
pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Perawatan gigi berlubang sebelum perempuan memasuki masa kehamilan sangatlah penting. Hal itu dikemukanan dokter spesialis ortodontis Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr (RSIA Merr), drg Lila Muntadir, Sabtu (31/8/2019).

“Pada ibu hamil, terjadi kenaikan hormon sampai sepuluh kali lipat. Kenaikan hormon ini juga dapat memicu rasa sakit apabila, misalnya, memiliki gigi berlubang, karang gigi, dan gigi tumbuh miring,” ungkapnya, Sabtu (31/8/2019).

Permasalahan gigi, seperti gigi yang berlubang, sebagai contoh, ungkap Lila juga akan memberikan dampak buruk bagi janin yang ada dalam kandungan.

Gigi berlubang merupakan sarang kuman. Kuman dapat dibagi dua yaitu yang baik dan jahat atau patogen. Nah, patogen ini dapat sampai ke plasenta melalui aliran darah dalam tubuh,” ungkap Lila.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Apabila hal tersebut terjadi, ungkapnya, tentu dapat menganggu tumbuh kembang janin. Risiko yang ditimbulkan di antaranya bayi lahir prematur.

Oleh karena itu, Lila menegaskan, sangat penting menjaga kesehatan gigi dan mulut sebelum dan ketika memasuki masa kehamilan.

Namun, apabila ibu hamil terlanjur memiliki masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, cara yang paling efektif ialah melakukan perawatan khusus dengan dokter gigi.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

“Jangan langsung beli obat pereda nyeri di toko tanpa pemeriksaan dokter dulu. Obat pereda nyeri juga berbahaya bagi janin,” ungkap Lila.

Dengan memeriksakannya, dokter gigi akan melakukan perawatan intensif selama sembilan bulan agar gigi yang berlubang tetap steril.

“Kalau mau tindakan, bisa dilakukan ketika selesai proses melahirkan,” ungkapnya.

Namun, ungkap Lila, alangkah lebih baik jika menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Misalnya, mencegah gigi berlubang dan rutin membersihkan karang gigi.

“Jadi, sebelum hamil bahkan sebelum menikah, penting untuk memeriksakan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

Sumber Asli

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com