JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Perpusnas Beri Penghargaan Pada Pejuang Literasi

Presiden Joko Widodo menunjukkan kartu keanggotaan Perpustakaan Nasional di sela peresmian di Jakarta, 14 September 2017 / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) memberikan penghargaan tertinggi Nugra Jasadarma Pustaloka kepada para insan yang berkontribusi aktif bagi pengembangan perpustakaan, literasi, dan minat baca di Indonesia.

Penyerahan penghargaan tersebut dikemas dalam bentuk acara Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2019, yang digelar Kamis (5/9/2019) malam di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Sebagaimana termaktub dalam Undang-undang tentang Perpustakaan Nomor 43/2007, pusat dan daerah memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca.

“Nugra Jasadarma Pustaloka tidak sekedar piagam dan piala, tetapi kesejahteraan masyarakat sebagai dampak nyata penguatan literasi adalah penghargaan dan piala yang sesungguhnya,” ujar Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin turut mengapresiasi penghargaan tersebut.

“Kita akan jadikan literasi pustaka sebagai salah satu indikator penilaian supaya dana insentif pengembangan bisa meningkat dan Indonesia menjadi negara terdepan dalam literasi,” katanya.

Penghargaan diberikan untuk kategori lomba pustaka, lomba bercerita (story telling), lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA/SMK/MA, lomba perpustakaan umum desa/kelurahan, pustakawan berprestasi, pelestari naskah, birokrat, tokoh masyarakat, masyarakat, jurnalis, media massa, dan lifetime achievement.

Penerima Nugra Jasadarma Pustaloka antara lain, Sosiawan Leak kategori buku terbaik, Arda Putri dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kategori pustakawan terbaik, dan JNB Tairas peraih lifetime achievement.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Gemilang Perpustakaan Nasional 2019 dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati, Wali Kota, Kepala Dinas Perpustakaan, Duta Baca Nasional dan daerah, pegiat minat baca dan literasi, organisasi profesi, dan mitra perpustakaan.

Apresiasi yang diberikan diharapkan makin memacu sinergitas para pejuang literasi dari unsur pemerintah, swasta, hingga masyarakat untuk menghadirkan viruskegemaran membaca mulai dari keluarga, dunia pendidikan, masyarakat, daerah terpencil, daerah pedalaman, hingga daerah terluar Indonesia.

www.tempo.co

 

 

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com