JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Polda Jateng Kumpulkan BEM Sejumlah Universitas, Kapolda Jamin Keamanan Pelajar Papua dan Siap Amankan Aksi Mahasiswa

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Polda Jawa Tengah menggelar silaturahmi dengan beberapa organisasi mahasiswa Jawa Tengah membahas dinamika perkembangan situasi akhi-akhir ini di Lobby Mapolda Jateng, Rabu (18/9/2019).

Acara yang dikemas dalam coffee morning ini langsung dipimpin oleh Kapolda Jateng dan dihadiri oleh pimpinan organisasi pergerakan mahasiswa, diantaranya KMMI, PMII, IMM, GMNI, GMKI, Aliansi Pelajar Pelajar dan Mahasiswa Papua serta BEM Perguruan Tinggi di Jateng dikemas dalam coffee morning penuh keakraban dan kekeluargaan.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini diantaranya mengenai isu Papua, revisi Undang-Undang KPK, kebakaran hutan dan lahan serta radikalisasi.

Banyak masukkan yang disampaikan dari perwakilan organisasi mahasiswa, diantaranya masukkan untuk mengatasi masalah karhutla. Bukan hanya melaksanakan penegakan hukum saja terhadap pelaku pembakaran.

Namun butuh langkah nyata untuk mengatasi dampak dari perubahan iklim dengan penghematan bahan bakar fosil dan optimalisasi penggunaan energi listrik.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Selain itu, terkait radikalisme organisasi pergerakan mahasiswa sepakat untuk menolak paham radikalisme dan siap bersama-sama Polri untuk turut melaksanakan pencegahan.

Dari BEM Unnes menyampaikan apresiasi kepada kepolisian atas kerjasama yang telah terbina selama ini. BEM Unnes selalu berkoordinasi dengan dengan Kepolisian jika akan melaksanakan penyampaian aspirasi dan selalu mendapatkan pengawalan dan pengamanan.

Kapolda Jateng melalui Dirintelkam meminta bantuan dari mahasiswa untuk menyampaikan kepada mahasiswa asal Papua agar tidak perlu ada kekhawatiran belajar di Jawa Tengah.

“Gubernur dan Kapolda Jateng menjamin keamanan dan kenyamanan para pelajar dan mahasiswa asal Papua untuk belajar di Jateng. Untuk itu, kami mohon bantuan organisasi mahasiswa untuk dapat berkomunikasi agar pelajar dan mahasiswa kembali ke Jawa Tengah,” pinta Dirintelkam.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Terkait aksi mahasiswa dalam menyikapi rencana revisi Undang-Undang KPK, Polri siap memberikan pengawalan dan pengamanan.

Polda Jateng siap mengawal aksi-aksi mahasiswa terkait Undang-Undang KPK dan akan memfasilitasi jika akan menyampaikan pendapat misalnya ke DPRD. Polda Jateng juga mengingatkan terkait pemberitahuan jika akan melaksanakan penyampaian pendapat, sehingga Polri siap memberikan pengamanan dan pengawalan,” ujar Dirintelkam Polda Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyampaikan apresiasi kepada organisasi mahasiswa, semoga sekat-sekat yang selama ini ada dapat terbuka, sehingga mahasiswa dapat menyampaikan aspirasi dengan baik.

“Jadikanlah Kepolisian menjadi bagian dari kawan berdiskusi menyelesaikan persoalan. Polisi adalah polisi rakyat, berikan masukan sebanyak-banyaknya sehingga Polisi turut mencari solusi,” pinta Kapolda. JSnews

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com