JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sri Sultan Hamengku Buwono X Terima Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari UNY

Suminto A Sayuti, Co-Promotor Pengusul Doktor Honoris Causa menjelaskan gelar Doktor Honoris Causa yang diberikan kepada Sultan sendiri dilatarbelakangi karena dalam segala situasi Sultan selalu menekankan pentingnya pendidikan karakter dalam konteks nation and character building.

Oleh karenanya, gelar Doktor Honoris Causa (HC) di bidang Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya sangat sesuai diberikan kepada Sultan.

“Bagi Sultan pendidikan selalu dimaknai sebagai proses pembudayaan, bukan sebagai penjinakkan sosial-budaya. Untuk itu, pendekatan multikultural merupakan salah satu jalan yang bisa ditempuh,” terangnya.

Baca Juga :  Warga Bantul, Gunungkidul dan Sleman Kolaborasi Nyolong 8 Kambing Kurban, Akhirnya Meringkuk di Sel

Bukan hanya itu, lahirnya Kurikulum Berbasis Budaya melalui Dinas Pendidikan Provinsi DIY, berdirinya Akademi Komunitas beserta munculnya desa-desa budaya dan pada pendampinnya, menunjukkan bahwa Sultan selaku Gubernur DIY tidak hanya bernarasi tentang pentingnya budaya sebagai basis pendidikan karakter, tapi juga melaksanakannya.

“Selaku Gubernur, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyadari bahwa Jogja sebagai taman sari-dunia, nilai-nilainya hanya akan menjadi wastra lungset ing sampiran jika tidak diimplementasikan sesuai dengan perkembangan zaman,” terangnya.

Baca Juga :  Buntut Kasus Suap IMB Royal Kedaton, KPK Periksa 6 ASN Pemkot Yogya

Sementara itu, GKR Hemas mengungkapkan, dari keluarga sendiri merasa bersyukur atas pemberian penghargaan yang diberikan kepada Sultan.

Hemas menyampaikan jika semua keluarga selalu mendukung setiap hal yang Sultan lakukan, khususnya masalah pendidikan karakter untuk anak-anak.

“Kalau sebagai istri beliau selalu menempa saya, menempa kami semua. Kedua selalu berpesan untuk menjaga bagaimana disiplin, menjaga sikap dan harus bertoleransi sesama, itu yang selalu beliau tekankan,” ungkapnya.

www.tribunnews.com

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua