JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Tergerak Kisah Tragis Buruh Triyono, Berbagai Komunitas dan Donatur Ramai- Ramai Galang Donasi 

Kondisi Triyono saat terbaring di rumahnya. Foto/Wardoyo
   
Kondisi Triyono saat terbaring di rumahnya. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM  Cerita tragis penceritaan Triyono, korban mesin penggilingan batu bata asal Dusun Bangsren RT 001 RW 006, Desa Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, menuai banyak empati.

Saat disambangi di rumahnya, Minggu (08/09/2019), dua puterinya terlihat menemaninya saat ia menjemur kaki kanan, yang  tergilas mesin penggiling bahan baku batu bata.

Dalam kecelakaan kerja yang dialaminya tersebut, daging telapak kanan terkelupas, serta tiga jari kakinya  putus habis akibat kena mesin giling.

Triyono mengalami kecelakaan saat membantu tetangga menggiling  tanah untuk bahan baku batu bata. Saat itu mesin dalam kondisi rusak hingga ia naik di atas mesin untuk memasukkan tanah dengan cara menginjak tanpa alas kaki.

Tapi naas,  telapak kaki kanan Triyono terpotong pisau mesin hingga daging satu lembar utuh terpisah dengan kakinya. Ia dilarikan ke RS Karima Utama Surakarta untuk mendapatkan pertolongan pertama lalu di rujuk ke RSUD Dr. Moewardi.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Triyono, mengaku masih merasakan panas dibagian kakinya yang terkena mesin giling tanah tersebut. Setiap Rabu Triyono kontrol ke RSUD Dr. Moewardi. Dan pada hari Senin (09/09/2019) dia diminta untuk datang dan menjalani perawatan. Selanjutnya akan menjalani  operasi yang kedua dengan memindahkan daging pada paha ke telapak kaki kanannya.

“ Rasanya masih panas mas. Meski demikian, saya yakin bisa sembuh,”  ujarnya, Minggu (08/09/2019).

Triyono mengaku sudah siap menjalani operasi untuk kesembuhan kakinya. Ia mendapatkan dukungan dari keluarga, perawat, maupun masyarakat untuk menghadapi proses operasi.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan agar luka di kakinya tersut bisa sembuh? Menurut Triyono, untuk menjalani proses penyembuhan, dia harus menjalani dua kali operasi. Untuk sekali operasi,dibutuhkan biaya antara Rp 30 juta sampai Rp 40 juta.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Biaya operasinya cukup besar. Saya mendapatkan bantuan dari berbagai pihak untuk biaya operasi kaki saya ini,” katanya.

Sementara itu, Komunitas Netizen Karanganyar, seperti  Info Wong Karanganyar, Cinta Karanganyar, Pejuang Sosial  Community, Cah Rantau Karanganyar, Sedulur Karanganyar, Sedulur Bumi Lawu, memberikan bantuan moral dan donasi untuk menambah dana untuk biaya operasi  saat  berkunjung ke rumah Triyono, Minggu (08/09/2019).

Koordinator Netizen Karanganyar, Triyanto, mengatakan bantuan yang diberikan kepada Triyono ini, merupakan sumbangan dari para anggota, serta masyarakat luas yang perduli kepada warga, yang mengalami musibah, terutama dari keluarga kurang mampu.

“Kami beharap, agar lebih banyak lagi pihak yang memberikan bantuan kepada Triyono,” kata Triyanto, saat memberikan bantuan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com