JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa dan Akademisi Diminta Turun ke Jalan

Puluhan mahasiswa lintas universitas menggelar aksi menginap di pelataran Gedung Merah Putih, Jakarta, menolak revisi UU KPK, Rabu (11/9/2019) / tempo.co
   

MOJOKERTO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penolakan revisi UU KPK nyaris tak pernah berhenti. Terkini, kalangan kampus di Jawa Timur mendesak presiden menolak revisi UU KPK.

“Mahasiswa perlu turun ke  jalan yang simpatik untuk menekan Presiden agar menolak revisi RUU KPK,” kata Koordinator Parliament Watch Jawa Timur, Umar Sholahudin, Kamis (12/9/2019).

Pasalnya, revisi UU KPK itu akan mengurangi dan memperlemah kewenangan KPK dalam penyadapan, penyidikan, hingga penuntutan perkara korupsi.

Menurut staf pengajar Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya itu, kontroversi draf revisi UU yang mengatur kewenangan KPK menjadi pertaruhan besar Jokowi.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Jika Jokowi menerimanya, akan ada gelombang perlawanan yang besar dari publik.

“Bola saat ini ada di tangan Presiden dan masyarakat menunggu sikap jelas dan tegas Presiden untuk menolak revisi RUU KPK,” kata Umar yang juga aktivis Jaringan Anti Korupsi (Jakor) Jawa Timur.

Sementara itu, aksi perlawanan atas revisi UU KPK terus dilakukan kalangan akademisi dan mahasiswa di Jawa Timur, salah satunya Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Setelah menggalang dukungan dan mengeluarkan pernyataan sikap, akademisi Unair bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya, mahasiswa, dan pegiat antikorupsi membentangkan spanduk warna hitam tanda keprihatinan di Gedung C Fakultas Hukum Unair, Selasa, 10 September 2019.

Juru bicara akademisi Unair Peduli KPK, Herlambang P. Wiratraman, berharap aksi-aksi serupa diikuti kampus-kampus dan mahasiswa lainnya khususnya di Jawa Timur. “Berbagai cara telah dilakukan untuk melemahkan KPK, jangan biarkan koruptor berpesta,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com