JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

12 Wamen Bisa Bikin Kabinet Gemuk dan Lambat Ambil Keputusan

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Maunya Kabinet Indonesia Maju bergerak dengan cepat, namun kehadiran 12 Wakil Menteri justru dinilai membuat kabinet makin gemuk.

Hal itu, menurut Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, justru berpotensi membebani Presiden Jokowi dan menyulitkan pengambilan keputusan.

“Biasanya obesitas kabinet itu menandakan akan terjadi pelambatan-pelambatan dalam pengambilan keputusan,” kata Adi dalam Diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk ‘Kabinet Bikin Kaget’ di D’Consulate Lounge, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/10/2019).

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Adi mencontohkan yang terjadi di periode kedua pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2014. Menurut dia, keputusan-keputusan strategis sulit diambil karena perlu banyak kompromi.

Adi juga menilai Kabinet Jokowi dibentuk atas nama akomodasi, termasuk dalam penunjuka wamen. Saat ini ada 12 wamen, lebih banyak dari periode pertama yang hanya tiga wamen.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Menurut dia, keberadaan wamen paradoks dengan keinginan Jokowi melakukan reformasi birokrasi dengan memangkas jabatan eselon 3 dan 4.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com