JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Anggota DPRD Gadaikan SK, Formappi: Dampak Dari Politik Uang

   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Plt Wakil Ketua DPRD Kabupaten Riau menganggap, anggota DPRD yang menggadaikan SK pengangkatan adalah hal yang wajar.

Namun dalam pandangan Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, ramainya anggota DPRD menggadaikan SK  ke bank karena sudah kehabisan modal.

“Saya pikir sih masih soal habisnya modal karena kampanye jor-joran ya. Terus memang tidak ada aturan tegas untuk melarang penggadaian itu,” kata Lucius saat dihubungi, Minggu (6/10/2019).

Beberapa pekan setelah dilantik, sejumlah anggota DPRD Riau dikabarkan menggadaikan SK ke lembaga keuangan demi mencukupi kebutuhannya usai pertempuran panjang Pemilu 2019.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Anggota DPRD DKI Jakarta juga melakukannya. Sekretaris DPRD DKI, Muhammad Yuliadi, mengatakan bahwa Bank DKI telah menghubunginya bahwa ada sejumlah legislator yang mau menggadaikan SK.

Lucius mengatakan, fenomena ini menjadi efek dari mahalnya pemilu legislatif. Ia menduga, uang para legislator tersebut lebih banyak dihabiskan untuk politik uang atau membeli suara pada saat pemungutan suara.

Maka langkah pertama yang mereka lakukan setelah terpilih adalah bagaimana membayar utang dengan menggadaikan SK.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

“Kalau tidak berutang, bagaimana mengisi kembali simpanan yang ludes karena money politic atau biaya politik?” ujarnya.

Menurut dia, dengan besaran yang cukup fantastis bukan tidak mungkin anggota DPRD yang menggadaikan SK itu akan melakukan korupsi karena harus membayar cicilannya.

“Gaji mereka hampir separuh atau lebih dipakai untuk bayar utang dari penggadaian. Pada saat yang sama, mereka harus membiayai biaya hidup sebagai  pejabat,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com