JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Asyiknya Workshop Menulis Kreatif di Tempat Terbuka

Joglosemarnews
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Workshop menulis kreatif tak harus berlangsung dalam suasana formal. Dalam suasana santai dan di tempat terbuka, workshop yang dikemas dalam bentuk obrolan santai justru berlangsung akrab.

Seperti itulah suasana workshop menulis kreatif bersama penulis Darmawan Budi Suseno dan R Toto Sugiharto, seorang novelis dan jurnalis di Warung Ayam Ayem, Colomadu, Minggu (27/10/2019) siang.

Workshop diikuti oleh puluhan peserta yang memiliki beragam latar belakang dan profesi. Ada peserta yang merupakan dosen Kesehatan Masyarakat UMS, fotograver dan videografer sebuah media online, hingga pustakawan UNS Surakarta.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

Dalam paparannya, Darmawan Budi Suseno yang sudah menulis beberapa buah buku mengatakan, bagi para pemula memang harus memaksa diri untuk terjun dalam dunia kepenulisan.

“Jangan pernah punya alasan menunggu mood untuk menulis, karena dipastikan tak bakal menulis,” ujarnya.

Menurut Darmawan, langkah pertama biasanya berat, namun ketika tulisan sudah berhasil muncul pertama kali, tulisan-tulisan berikutnya akan lebih mudah muncul di media.

“Sebanyak dan sebagus apapun teori diberikan, kalau tidak dipraktikkan, ya tetap tak pernah bisa meulis. Hanya sekadar tahu caranya, tapi tak pernah berkarya,” ujarnya.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Sementara dalam paparannya, R Toto Sugiharto mencoba memberikan beberapa alinea imajinatif yang harus dikembangkan sendiri oleh peserta.

Cara ini memancing peserta untuk ikut aktif mengembangkan imajinasinya secara lisan.

Dalam kesempatan itu pula, masing –masing peserta diminta untuk menuliskan rencana penulisan buku. Peserta menuliskan judul buku apa yang akan di tulis dan apa saja yang akan dikupas dalam buku tersebut.

Para peserta workshop  tersebut mendapatkan fasilitas berupa buku “Panduan Menjai Jurnalis Profesional” karya R Toto Sugiharto, sertifikat dan satu porsi steak on the cup dan minuman.  suhamdani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com