JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dinas Pendidikan Gelar Pelatihan MBS di SMPN 8 Solo

   
Dok Humas SMP N 8 Solo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala-kepala sekolah SMP negeri dan swasta di Kota Solo mengikuti pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Senin (7/10/2019) hingga Rabu (9/10/2019).

Pelatihan tersebut berlangsung di SMP Negeri 8 Surakarta. Selain kepala sekolah, pelatihan tersebut juga diikuti oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan petugas Dapodik entry Rapor 2.0.

Kegiatan yang berlangsung di ruang aula sekolah dan diikuti sekitar 162 oranga tersebut dipimpin oleh Kepa SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, MPd.

“SMPN 8 dipilih sebagai lokasi pelatihan, slaah satunya karena sekolah ini sudah menjadi swkolah Adiwiyata nasional. Selain karena halamannya yang luas tentunya,” ujar Waka Humas SMPN 8 Surakarta, Sri Suprapti dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Dalam kata sambutannya, Kepala
Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati, SH MH mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surakarta memiliki beberapa program di bidang pendidikan.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap sekolah bisa lebih maju dalam hal manajemen,” ujarnya.

Ia berharap, tahun 2020 nanti, semuanya termasuk manajemen dengan aplikasi E rapor 2.0 dapat berjalan dengan lancar.

Abdul Haris Alamsah SPd MPd selaku Ketua Panitia acara berharap agar Kepala Sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat dalam menerapkan Manajemen Berbasis sekolah (MBS).

Dia berharap pelatihan tersebut seharusnya menguntungkan sekolah karena data E rapor tersebut bisa diakses untuk berbagai keperluan.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

“Misal untuk evaluasi mengajar, evaluasi soal dan lain-lain. Mungkin pada saat awal, guru agak repot. Tetapi untuk selanjutnya saya rasa dapat menguntungkan,” paparnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Beberapa pemateri yang dihadirkan antara lain Nugroho, S.Pd MPd yang fasih dalam hal manajemen berbasis sekolah dan sudah terkenal dengan kelihaiannya menghafal Permen/Permendikbud.

Materi Budaya Mutu Sekolah disampaikan oleh Drs Nurrohmad, M.Pd. Sedangkan hari ke dua dan terakhir diisi materi standar penilaian pendidikan, pengenalan aplikasi e-rapor, penyiapan data referensi admin, instalasi jaringan, inputing nilai oleh guru dan wali kelas, pengumpulan hasil dan RTL yang disampaikan oleh tim narasumber penilaian. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com