JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Fadel Muhammad Siap Bersaing Rebut Kursi Ketua MPR

Fadel Muhammad / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski mendapat dukungan dari beberapa partai besar, namun langkah Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk menduduki kursi Ketua MPR belumlah mulus.

Pasalnya, datang kubu lawan baru justru dari politisi Golkar, Fadel Muhammad.  Senator asal Gorontalo itu menyatakan siap bertarung menduduki kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024 usai terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur DPD RI.

Fadel mengaku sudah menjadwalkan pertemuan dengan sejumlah partai politik untuk melakukan lobi-lobi, pagi ini. Dia juga akan melobi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk meminta dukungan, partai berlambang banteng itu sudah menyatakan dukungan secara terbuka kepada calon dari Golkar, Bambang Soesatyo.

Baca Juga :  Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Sinyal Hak Angket Bakal Layu Sebelum Berkembang

“Saya kenal baik dengan Ibu Mega sejak saya menjadi gubernur, menteri, saya dekat dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan Ibu Mega selaku pimpinan partai pemenang,” ujar dia di Kompleks Parlemen, Senayan pada Rabu (2/10/2019) malam.

Politikus senior Golkar ini juga menyatakan tak gentar jika harus berhadapan dengan Bambang Soesatyo yang berasal dari partai yang sama. Untuk saat ini, Bamsoet adalah calon kuat Ketua MPR yang didukung sejumlah  fraksi.

Fadel ingin membuat sejarah Ketua MPR RI dari unsur DPD. Dia mengatakan, ada beberapa alasan pimpinan MPR dari unsur DPD layak menjadi Ketua MPR. Salah satunya, dari sisi jumlah, DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan partai-partai yang lain, yaitu 136 orang anggota.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Para anggota DPD juga meminta dia berjuang menduduki kursi Ketua MPR untuk melancarkan kerjasama antara DPD dan MPR.

“Mereka (anggota DPD) meminta, kalau bisa dana transfer ke daerah juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan urusan teman-teman di DPD untuk penguatan daerah,” ujar Fadel Muhammad.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com