JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

FEB UMS Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Sidowayah

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (FEB-UMS) mengadakan pengabdian masyarakat di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka membantu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), terutama dalam hal meningkatkan kualitas akuntansi dan layanan.

Sebagaimana diketahui, Undang-Undang (UU) Desa No. 6 tahun 2014 mengamanatkan desa untuk lebih mandiri dalam mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) agar dapat membiayai kebutuhan desa.

Ketua pengabdian masyarakat, Ihwan Susila mengatakan, disamping Desa dianjurkan untuk mandiri, pemerintah masih memberikan bantuan pendanaan berupa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Perlunya pengembangan PADes membuat desa-desa mengembangkan potensi desa untuk mendapatkan PADes yang maksimal,” ujarnya, Rabu (22/10/19).

Dijelaskan, salah satu upaya untuk meningkatkan PADes, desa mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

Dengan adanya BUMDes diharapkan perekonomian masyarakat desa lebih meningkat, karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh BUMDes dikerjakan secara bersama-sama oleh masyarakat untuk mengembangkan desa, dimana hal ini sejajar dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Adanya kendala yang dialami BUMDes Sinergi dalam pembuatan laporan keuangan yang terintegrasi, membuat tim Pengabdian tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat di BUMDes Sinergi.

 

Pengabdian masyarakat tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang akuntansi yang dapat diterapkan di BUMDes beserta pengaplikasiannya dalam pembuatan laporan keuangan.

Adapun dalam pelatihan akuntasi, materi yang disampaikan berupa akuntansi dasar, keterkaitan antara akuntansi dengan UU Desa, keterkaitan akuntansi dengan BUMDes.

BUMDes Sinergi yang mulai berjalan sejak tahun 2016 semula hanya memiliki tiga unit usaha yaitu unit Umbul Temanten, unit Kampung Dolanan Sidowayah (KDS) dan  unit Pertanian.

Baca Juga :  Pertamina Amankan Persediaan BBM dan Elpiji di Soloraya Selama Periode Ramadan dan Lebaran 2024

Hingga tahun 2019 BUMDes Sinergi telah dapat mengembangkan usahanya menjadi tujuh unit usaha yaitu unit si Blarak, unit Rumah Kemasan, unit Jasa Layanan, dan unit Peternakan.

Sejak didirikan hingga sekarang, proses pencatatan akuntansi masih menggunakan program Ms. Excel dimana proses pencatatannya belum dapat dilaksanakan secara memadai dan terintegrasi.

“Laporan keuangan sangat penting dibuat karena laporan keuangan dapat memberikan informasi kepada pihak internal dan maupun ekstrenal, sehingga masyarakat, pemangku kepentingan di desa, atau para pihak ketiga dapat mengetahui pengelolaan keuangan BUMDes secara transparan,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan tersebut berlangsung selama satu tahun dengan berbagai macam kegiatan, yaitu identifikasi masalah, persiapan, pelasanaan kegiatan, indikator capaian dan dilakukannya monitoring  dan evaluasi. A Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com