JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Fenomena Crosshijaber, Dosen Psikologi Unair Sebut Perilaku Nyeleneh Laki-laki Ingin Cepat Viral & Terkenal, Tapi Malah Menyimpang

   
Beredar Komunitas Pria Bercadar & Berhijab, Fotonya Masuk Ruang Salat & Toilet Wanita Viral di IG. Suryamalang.com/kolase instagram @i.k.r.i.a/@amesamir9

SURABAYA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena crosshijaber atau laki-laki mengenakan huijab bahkan bercadar belakangan sedang ramai di sosial media.

Perilaku nyeleneh itu, menurut Ike Herdiana, Dosen Fakultas Psikologi Unair disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah keinginan untuk menjadi viral dan terkenal.

“Saya juga mengamati, beberapa selebgram ada yang mulanya menjadikan crosshijaber itu sebagai gurauan,” ungkap Ike.

Dari situ, imbuhnya, bisa timbul keinginan untuk mencoba melakukan crosshijaber.

Tujuannya supaya viral dan mendapat perhatian media massa.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Crosshijaber juga bisa dipicu karena keinginan untuk tampil ‘beda’.

Namun melakukan crosshijaber, disebut Ike sebagai cara tampil ‘beda’ yang menyimpang.

Selain itu, lanjutnya, crosshijaber juga bisa disebabkan karena pergaulan dan candaan yang melewati batas.

“Bisa jadi karena awalnya bercanda, lalu dapat pujian atau penguatan positif dari lingkungan, sehingga perilaku diteruskan,” papar perempuan yang juga Pengurus Himpsi Jatim bidang Pengmas itu.

Menanggapi adanya fenomena tersebut, Suci Agustina Lestari, founder managemen model muslimah di Surabaya yaitu SZ Model Management sangat menyayangkannya.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

“Kekuatan sosial media, saya lihat memang membuat orang lebih berani bekspresi. Juga, kadang di sosial media, orang melakukan sesuatu itu sengaja untuk menjadi bahan tertawa. Tapi kalau caranya itu juga dengan mempermainkan gamis, hijab, cadar, itu sangat disayangkan dan merugikan para perempuan,” papar Suci.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Dosen Psikologi Unair Sebut Pelaku Crosshijaber Ingin Cepat Viral & Terkenal, Tapi Malah Menyimpang, Artikel Asli

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com