JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Insiden Bendera HTI di Acara Ekskul SMKN 2 Sragen, GP Anshor Curiga Sepengetahuan Guru Pembina 

Sejumlah siswi tampak berpose dengan membentangkan bendera HTI dan bendera Palestina. Foto/Istimewa
   
Sejumlah siswi tampak berpose dengan membentangkan bendera HTI dan bendera Palestina. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Beredarnya foto puluhan siswa SMKN 2 Sragen berpose sambil mengibarkan bendera berlambang Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) memantik reaksi dari kalangan Gerakan Pemuda (GP) Anshor Sragen.

Ormas itu mengeluarkan pernyataan sikap agar pihak terkait segera menindaklanjuti. GP Anshor curiga bahwa guru atau pembina kegiatan di SMKN itu mengetahui kegiatan pengibaran bendera HTI tersebut.

“Saya kira siswa tidak ada inisiatif ke situ, namun perlu dipantau pembina atau gurunya. Karena tidak mungkin suatu kegiatan tanpa sepengetahuan pembina,” papar Ketua GP Ansor Sragen Endro Supriyadi, Rabu (16/10/2019).

Atas alasan itu ia meminta Pemkab Sragen untuk koordinasi dengan provinsi ataupun instansi lain agar serius melakukan pengawasan terhadap sekolah agar terhindar dari pengaruh radikalisme.

Ia juga meminta instansi untuk melakukan teguran pembinaan atau sanksi terhadap guru dan pegawai serta seluruh pihak yang terbukti menyebarkan paham radikalisme kepada anak didik.

”Saya yakin tidak mungkin suatu kegiatan tanpa sepengetahuan pembina,” ujarnya.

Endro juga menyerukan kepada seluruh wali murid dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga generasi muda agar tidak tertular radikalisme dan ekstrimisme.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Selain itu sekolah sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan mencetak generasi bangsa yang beradab dan memiliki wawasan kebangsaan maka sekolah harus steril dari virus intoleransi dan radikalisme.

Menyikapi hal ini, GP Ansor siap memberikan pendampingan pada setiap sekolah yang akan menyelenggarakan pembinaan agama.

”Jangan sampai generasi muda bangsa ini menerima pemikiran yang salah,” tandasnya.

Aksi pembentangan bendera berdasar hitam dengan kalimat tauhid itu kini ramai menjadi perbincangan dan menuai sorotan tajam dari berbagai kalangan.

Aksi pengibaran bendera HTI itu terungkap ketika beredar foto para siswa itu di jejaring sosial.

Dalam foto yang beredar, tampak sejumlah pelajar di SMKN ternama di Sragen itu membentangkan bendera lambang HTI yang sudah dinyatakan merupakan organsiasi terlarang oleh pemerintah.

Sebuah foto menampakkan puluhan siswa SMKN 2 Sragen berpose dengan membentangkan bendera HTI dan Palestina. Foto/Istimewa

Dalam foto yang beredar, tampak puluhan siswa berpose bersama bendera itu. Bendera HTI itu dibentangkan dalam salah satu kegiatan Ekstra Kulikuler sekolah yang digelar pada tanggal 5-6 Oktober 2019 lalu. Sejumlah siswa juga tampak menunjukkan ekspresi ceria berpose dengan latar belakang bendera HTI itu.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Salah satu foto bahkan menampakkan dua orang siswi membentangkan bendera itu.

Di foto yang lain para siswa dan siswi berfoto bersama dengan latar belakang bendera itu di belakangnya di halaman sekolah. Selain itu juga ada bendera Palestina dalam foto-foto itu.

Saat dikonfirmasi, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMKN 2 Sragen Setyanjadi membenarkan pelajar yang di dalam foto adalah pelajar SMKN 2 Sragen. Namun ia menjelaskan kegiatan ini saat digelar pada pelantikan rohis sekolah setempat dan diluar sepengetahuan maupun seizin sekolah.

”Kalau siswanya ikut rohis banyak, nanti saya buat laporan dulu. Ini kita tangani,” terangnya dikonfirmasi wartawan Rabu (16/10/2019).

Pihaknya membantah jika siswanya mulai terpapar organisasi terlarang. Menindaklanjuti beredarnya foto kegiatan dengan bendera HTI itu, pihak sekolah sudah  bertemu dengan pihak kepolisian untuk membahas persoalan itu.

Ia juga meyakinkan bahwa murid-muridnya tidak punya maksud untuk mengibarkan bendera itu dan bendera Palestina tersebut.

”Ini ada Proposalnya dan ada gurunya juga, hanya nggak nyangka sampai seperti ini,” tuturnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com