JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kebakaran Hebat, 5 Rumah Warga di Padas Tanon Sragen Ludes Dilalap Kobaran Api. Kerugian Ditaksir Capai Rp 0,5 Miliar 

Kondisi rumah warga Dukuh Sukorejo, Padas, Tanon, Sragen luluh lantak dilalap kobaran api Minggu (27/10/2019). Foto/Wardoyo
   
Kondisi rumah warga Dukuh Sukorejo, Padas, Tanon, Sragen luluh lantak dilalap kobaran api Minggu (27/10/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabakaran hebat melanda permukiman di Dukuh Sukorejo, Desa Padas, Kecamatan Tanon, Sragen, Minggu (27/10/2019) pagi.

Kobaran api dahsyat melahap lima rumah milik empat warga di dukuh tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu namun kerugian material ditaksir mencapai angka hampir Rp 0,5 miliar.

Data yang dihimpun di lapangan, kobaran api pertama kali muncul pukul 09.35 WIB dari rumah Siswanto (56) warga Dukuh Sukorejo RT 5/3.

Diduga api muncul dari sisa tungku di dapur yang belum tuntas dimatikan. Rupanya sisa tungku kemudian membesar dan merembet melahap dinding dapur dan rumah.

Konstruksi rumah limasan yang sebagian terbuat dari kayu membuat kobaran api makin tak terkendali. Warga tak bisa berbuat apa-apa lantaran api makin membesar hingga melahap dua rumah limasan berkonstruksi tembok dan kayu milik korban.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Bahkan kobaran api yang terbawa angin kemudian merembet ke rumah di sekitarnya. Ada tiga rumah di sekitar yang ikut terbakar.

Masing-masing milik Supriyanto (39), milik Tukiman (55) dan milik Suyanto (51) semuanya di RT 5/3, Dukuh Sukorejo, Padas, Tanon.

Dari empat rumah itu, dua rumah milik korban pertama hancur tak tersisa. Sedangkan dua rumah milik Suyanto dan Tukiman dilaporkan mengalami rusak sedang.

“Nggak tahu awalnya Mas. Tahu-tahu tadi api sudah membesar dan semua warga berhamburan membantu memadamkan. Tapi air juga sudah sehingga api makin besar. Awalnya dari rumah Pak Siswanto lalu merembet ke rumah sampingnya,” ujar Jito, salah satu warga.

Tak lama berselang, tim pemadam kebakaran Sragen langsung tiba di lokasi. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.

Kepala Dinas Satpol PP Sragen, Heru Martono melalui Pelaksana Lapangan Pemadam Kebakaran, Lilik Slamet mengatakan sesaat usai menerima laporan, tim langsung diterjunkan melakukan pemadaman.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak Usai Isi Dexlite di Sragen, SPBU Jetak Minta Maaf dan Pastikan Bukan Abal-abal, Melainkan...

Proses pemadaman agak terkendala lokasi gang yang sempit. Setelah berjuang hampir 4 jam, api baru berhasil dipadamkan.

“Data yang kami catat, jumlah rumah yang terbakar total ada 2 rumah limasan dengn ukuran 8 m x 12 m terbuat dari tembok dan kayu. Kemudian ada tiga rumah di samping kiri dan kanan yang rusak berat dan rusak ringan,” terangnya.

Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi menambahkan setelah menerima laporan, tim PMI bersama PSC 119 Sragen langsung meluncur ke lokasi melakukan assement dan back up medis.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa ini. Namun kerugian material meliputi rumah, perabot rumah tangga, elektronik, peralatan pertanian, surat berharga, uang tunai Rp 5.500.000,, perhiasan emas 12 gram dan satu ekor sapi milik Tukiman,” jelasnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com