JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kenali Tanda-tanda Stroke dengan FAST, Ini Penjelasan dari Ahlinya

stroke
Ilustrasi stroke. pexels
   
stroke
Ilustrasi stroke. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyakit stroke bisa menyerang secara tiba-tiba dan dapat mengakibatkan kelumpuhan jika tidak segera ditangani. Penyakit stroke terjadi karena adanya gangguan aliran darah ke otak.

Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ( RSPON ) dr. Mursyid Bustami menyebut tidak ada penanganan awal yang bisa dilakukan sendiri jika timbul serangan stroke.

Perlu bantuan dokter, para ahli dan alat-alat khusus untuk menangani stroke yang mungkin terjadi karena ada penyumbatan atau pendarahan.

“Enggak bisa ditangani sendiri, kalau jantung ada AED (alat stimulasi jantung) kalau stroke tidak ada,” ungkap dr. Mursyid saat ditemui di RSPON, Jakarta Timur, Jumat (25/10/2019).

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Untuk mengenali tanda-tanda stroke Dr. Mursyid memperkenalkannya dengan istilah FAST.

Adapun kepanjangan dari FAST, Face atau wajah, apabila wajah terlihat miring atau saat tersenyum lebar hanya sedikit bagian gigi yang terlihat itu pertanda stroke.

Kemudian A adalah Arms atau lengan, tanda stroke pada lengan tangan akan sulit diangkat atau mati rasa. Bisa juga hanya satu tangan yang bisa terangkat, sedangkan satu tangannya langsung jatuh saat diangkat.

Sementara S adalah speech atau kemampuan berbicara yang tanda buruknya ketika berbicara akan cadel bahkan tidak bisa berbicara.

Terakhir adalah T atau waktu karena seseorang yang terserang stroke sangat dipengaruhi oleh waktu.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Waktu yang tepat membawa seseorang ke rumah sakit setelah melihat adanya tanda-tanda stroke adalah empat jam dari serangan. Setelah melewati masa emas tersebut butuh penanganan yang lebih ekstra.

“Pokoknya ingat FAST tadi, ada tanda stroke harus pergi ke rumah sakit enggak ada cara lain. Gak ada pakai tusuk-tusuk kuping, macam-macam gak ada, harus ke rumah sakit,” pungkas dr. Mursyid.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Mengenali Tanda-tanda Stroke, Lewat 4 Jam Harus Segera Dilarikan ke Rumah Sakit, Artikel Asli

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com