JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KPK dan Presiden Masih Lebih Dipercaya Rakyat Ketimbang DPR

   
Demo mahasiswa dari UNJ dan BEM SI di depan Gedung TVRI untuk menolak RKUHP dan pelemahan KPK, Selasa (1/10/ 2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –  Tingkat kepercayaan publik kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan presiden masih kebih tinggi ketimbang pada DPR.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan.

“Tingkat kepercayaan terhadap presiden dan KPK masih tinggi. Masyarakat jauh lebih percaya presiden dan KPK ketimbang DPR,” kata Djayadi dalam rilis temuan survei LSI di Hotel Erian, Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Dari jajak pendapat LSI pada 4-5 Oktober 2019, responden ditanya seberapa percaya Ibu atau Bapak terhadap lembaga-lembaga negara ini telah bekerja sesuai dengan harapan rakyat.

Hasilnya, 72 persen responden percaya kepada KPK. Pertanyaan sama juga diajukan untuk mengukur tingkat kepercayaan mereka terhadap presiden dan DPR.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Hasilnya, 71 persen percaya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedangkan kepada DPR hanya 40 persen.

Sejalan dengan kepercayaan kepada presiden yang tinggi, Djayadi mengatakan bahwa kepuasan publik juga tinggi terhadap kinerja Presiden di tengah-tengah kontroversi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebanyak 67 persen responden puas. Sedangkan 28,3 persen menyatakan tidak puas. Melihat tren kepuasannya, angka responden yang puas pada Oktober 2019 ini menurun dibandingkan Oktober 2018 yang tercatat 72 persen.

Atas dasar fakta ini, Djayadi menilai publik umumnya berada di belakang Presiden jika Jokowi menerbitkan Perpu KPK. Sebaliknya, jika tidak menerbitkan perpu, presiden bisa dianggap meninggalkan kehendak rakyat.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

“Dan bertentangan dengan janji-janji presiden,” kata dia.

Dalam melakukan survei opini publik mengenai Perpu KPK dan gerakan mahasiswa di mata publik pada 4-5 Oktober 2019, LSI memilih secara acak dari responden survei LSI sebelumnya pada Desember 2018 – September 2019 yang jumlahnya 23.760 orang dan punya hak pilih. Dari 23.760 responden, sebanyak 17.425 orang memiliki telepon.

Kemudian, dari total responden yang memiliki telepon, LSI memilih sampel secara stratified random sampling. Total yang ditelepon secara acak sebanyak 4.308 orang, namun 1.010 orang yang berhasil diwawancarai.

Toleransi kesalahan survei diperkirakan lebih kurang 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com